Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur melakukan rekayasa arus lalu lintas di Jalan Laksamana Malahayati, Kecamatan Makasar.

Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Benhard Tobing mengatakan rekayasa itu dilakukan menyusul dioperasikannya "off ramp" atau jalur keluar Tol Becakayu.

"Dalam rekayasa lalu lintas ini Sudin Perhubungan Jakarta Timur sudah menyiapkan rambu-rambu terkait untuk membantu mengarahkan pengguna kendaraan," kata Benhard Tobing di Jakarta, Rabu.

Benhard menambahkan, uji coba terkait beroperasinya "off ramp" itu berlangsung sejak 21 Oktober hingga 4 November 2022.

Saat ini petugas telah menutup jalur simpang Jatiwaringin menggunakan pembatas (barier) dari PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pelaksana Tol Becakayu.

Baca juga: Pemkot Jaktim tanam 150 pohon di kolong Tol Becakayu

Dalam rekayasa lalu lintas tersebut kendaraan dari arah Jalan Jatiwaringin menuju Cawang, Bekasi dan Jalan Pahlawan Revolusi yang semula melewati simpang Jariwaringin dialihkan belok kiri.

Yakni menuju ke jalan arteri samping on ramp Jatiwaringin kanan, lalu di U-turn Universitas Borobudur, belok kiri menuju Cawang dan belok kanan menuju Jalan Pahlawan Revolusi, Bekasi.

"Dari Bekasi (Timur) menuju Cawang dan Jl Pahlawan Revolusi yang semula melewati simpang dialihkan lurus ke jalan arteri samping 'on ramp' Jatiwaringin," kata Benhard.

Selanjutnya pengguna kendaraan dapat berbelok kanan di jembatan U-turn Universitas Borobudur lalu belok kiri menuju Cawang dan belok kanan menuju Jalan Pahlawan Revolusi.

Baca juga: BPJT ungkap beberapa ruas Jalan Tol Becakayu akan siap dioperasikan

Sedangkan untuk lalu Iintas dari Jl Pahlawan Revolusi (Utara) menuju Jatiwaringin dan Cawang yang semula melewati simpang dialihkan belok kiri-putar balik di U- turn depan Richeese Factory.

"Belok kiri di simpang menuju Jatiwaringin-lurus ke jalan arteri samping 'on ramp' Jatiwanngin-belok kanan di jembatan U-turn Universitas Borobudur-belok kiri menuju Cawang," ujar Benhard.

Sementara, lalu lintas dari Cawang (Barat) menuju Jatiwaringin yang semula Belok kanan di simpang diarahkan lurus-putar balik di U-turn depan Richeese Factory-belok kiri di simpang menuju Jatiwaringin.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Riky Erwinda mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 20 personel untuk mengatur lalu lintas setiap hari di lokasi tersebut.

"20 personel dari sudin dan lima kecamatan. Mereka bantu pengamanan dan pengaturan lalu lintas mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dibagi dalam dua shift setiap harinya," kata Riky.
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022