Kota Bogor (ANTARA) - Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan tiket emas beasiswa kepada 20 orang siswa-siswi pemenang sembilan lomba pada Pesta Sains Nasional (PSN) 2022 yang berhasil berkompetisi dalam keahlian dan karya.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB Dr Derry Juliandi kepada ANTARA saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Rabu, mengatakan Pesta Sains Nasional merupakan wadah siswa-siswi seluruh Indonesia untuk berlatih berkompetisi dalam meraih prestasi dan kemudian mendapatkan apresiasi dalam hal ini adalah tiket emas masuk IPB.

"Jadi inisiasinya sudah sejak tahun 1999, tetapi sempat terhenti, kemudian dijalankan kembali mulai tahun 2003 hingga sekarang dan antuasiasnya selalu bertambah setiap tahun, tahun ini dua ribu lebih," katanya.

Menurut Derry, PSN adalah ajang silaturahmi siswa-siswi untuk mengenal dunia perkuliahan kelak karena dibimbing oleh para mahasiswa selama dua hari dengan cukup intens.

Semula, kegiatan ini dilaksanakan secara luring setiap tahun, sehingga presentasi karya dan menjawab soal hadir di tempat yang disediakan panitia. Namun karena pandemi COVID-19, kegiatan sempat dilaksanakan secara daring dan pada tahun 2022 secara hybrid atau panitia secara luring dan peserta tetap secara daring.

Ketua Panitia PSN 2022 Asyraf menjelaskan peserta yang mengikuti lomba berkelompok menyerahkan dokumen karyanya dengan mengunggah ke laman yang disediakan panitia, sementara peserta lomba perorangan dapat mengisi 40 soal babak penyisihan dan pada babak semifinal soal mulai beragam dengan mayoritas 10 esai.

Terdapat sembilan lomba yang diadakan pada PSN 2022 yakni Chemistry Challenge, Computer Problem Solving, Kompetesi Fisika, Kompetisi Statistika Junior, Lomba Cepat Tepat Biologi, Lomba Karya Ilmiah Populer, Lomba Matematika Ria, Lomba Meteorologi Interaktif dan STEM Young Rechearcher Award.

"Dari sembilan lomba, lomba cepat tepat Biologi dan Matematika Ria paling banyak diikuti, pemenang lomba pun telah diumumkan melalui akun Instagram @pestasainsnaaional," katanya.


Daftar pemenang:

Chemistry Challenge 1 kelompok 3 orang, Dzaki Hasan Nasrullah, Muhammad Arinal Haq dan Febrianda Keyko dari SMK-SMAK Bogor.

Computer Problem Solving 1 orang Danar Abiyoga Prakosa dari SMA Kesatuan Bangsa.

Juara Komptesi Fisika 1 kelompok 3 orang, William Cheistian Ghani, Berwyn dan Daniel Mark dari SMAKI Oke.


Juara Kompetisi Statistika Junior 1 kelompok, 2 orang Matthew Asnaya Wu, William Jahja Houten dari SMA Santa Laurensia.

Juara lomba cepat tepat biologi, 1 kelompok, 3 orang Michiel Aelis Wijaya, Vincentius Filbert Amadeo, Bhrotus Wetan dari SMA Negeri 2 Jakarta.

Juara lomba karya ilmiah populer, 1 kelompok, 3 orang, Dian Rahmad Renaldi, Ulfi Auliah F, Zahra Rafilia Ainun dari MAN 1 Jepara.

Juara Matematika Ria, 1 orang, Joshua Marvel Solomon dari SMA Kristen 1 Penabur Jakarta.

Juara Meteorologi Interaktif, 1 kelompok, 2 orang, Isyaya Zahir, Reyhan Adhiguna Pamungkas dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta

Juara STEM Young Rechearcher Award, 1 kelompok, 2 orang, Vivian Athiyyah Haryadi, Dominique S Suriandji dari Binus School Bekasi.

Baca juga: IPB ambil dua langkah pengamanan pembelajaran selama cuaca ekstrem

Baca juga: 165 perangkat desa asah kemampuan di IPB University

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022