Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita pada kanal Humaniora ANTARA mendapat perhatian pembaca pada Kamis (27/10), mulai dari BPOM yang merilis daftar 65 obat yang tidak menggunakan empat pelarut hingga Bulog salurkan bantuan beras bagi korban banjir di Trenggalek dan Blitar. Simak berita selengkapnya pada tautan berikut:

1. BPOM rilis daftar baru 65 obat sirop yang tidak pakai empat pelarut

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Kamis mengumumkan daftar baru 65 obat sirop yang tidak menggunakan empat pelarut, yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin/gliserol.

“Ini adalah list mereka yang aman dari EG dan DEG karena tidak mengandung keempat pelarut tersebut,” kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

2. Menteri PPPA dorong pelaku KDRT di Semarang ditindak tegas

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mendorong aparat penegak hukum untuk menangani kasus KDRT di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, secara tuntas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"KemenPPPA meminta agar pelaku mendapatkan hukuman berdasarkan bukti dan aturan hukum yang berlaku, khususnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga Pasal 44 ayat (3), yaitu kekerasan fisik yang mengakibatkan matinya korban dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 tahun atau denda paling banyak Rp45 juta," ujar Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, Jakarta, Kamis.

3. Ketua PKK Jatim apresiasi semangat belajar lansia di Jombang

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin mengapresiasi semangat warga lanjut usia untuk terus belajar bahkan hingga menjadi wisudawan dan wisudawati Sekolah Lansia Tangguh dan Sekolah Keluarga di Kabupaten Jombang, Jatim.

"Hidup adalah proses belajar yang tak mengenal batasan umur dan tak mengenal kata tua. Kita dapat memetik pelajaran dari kegiatan ini bahwa setiap orang perlu untuk terus belajar sepanjang hidupnya, termasuk para lansia. Dengan belajar dapat memberikan kesempatan setiap orang untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemandiriannya di masa tua," katanya di Jombang, Rabu (26/10).

4. Yogyakarta Komik Weeks 2022 bangkitkan ekosistem komik Indonesia

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pameran "Yogyakarta Komik Weeks 2022" di Jogja National Museum (JNM) mulai 27 Oktober- 5 November 2022 untuk membangkitkan kembali ekosistem pegiat dan seniman komik Indonesia.

"Yogyakarta Komik Weeks yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan membangun dan mengembangkan ekosistem komik Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Lakhsmi Pratiwi saat pembukaan pameran di JNM, Yogyakarta, Kamis.

5. Bulog salurkan bantuan beras korban banjir Trenggalek dan Blitar

Perum Bulog Kantor Wilayah Jawa Timur menyalurkan bantuan beras premium untuk warga yang terdampak bencana banjir di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Blitar, Kamis.

"Melalui bantuan ini Perum Bulog berharap dapat membantu untuk meringankan beban kebutuhan masyarakat yang terdampak akan bencana banjir tersebut," kata Ermin Tora.

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022