Banjarbaru (ANTARA) - Provinsi Kalimantan Selatan meraih banyak penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tahun 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan dalam rilis resmi pada Jumat, beberapa kabupaten/kota dan desa di provinsi ini berhasil meraih penghargaan ProKlim.
'
Baca juga: Kabupaten Balangan terima penghargaan Proklim dari KemenLHK

Pemprov Kalsel, ungkap dia, meraih penghargaan kategori pembina ProKlim untuk pemerintah daerah.

Dinyatakan dia, Kemen-LHK menilai Pemprov Kalsel berperan aktif mendukung ProKlim di daerah dengan menerbitkan kebijakan dalam pengembangan ProKlim.

Baca juga: Sasangga Banua Kalsel persiapkan desa mitigasi perubahan iklim

Tidak hanya itu saja, kata Hanifah, tapi juga melakukan pembinaan, membuat perencanaan dan penganggaran.

Selanjutnya, ucap dia, membangun kolaborasi jejaring dan berhasil membawa desa atau lokasi mendapatkan penghargaan ProKlim Utama maupun ProKlim Lestari di wilayahnya.

Baca juga: Dukung KLHK, Indocement dorong desa mitra masuk Program Kampung Iklim

Dikatakan dia, kabupaten/kota di Kalsel yang meraih penghargaan serupa, di antaranya Kota Banjarmasin, Kabupaten Balangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

Menurut Hanifah, pada tahun ini juga Provinsi Kalsel menjadi pengusul kampung iklim terbanyak skala nasional, yaitu, 149 desa.

Baca juga: Pemkab Hulu Sungai Tengah sosialisasi Proklim hadapi perubahan iklim

Diungkapkan dia, desa atau lokasi yang berhasil meraih penghargaan ProKlim, yakin, untuk penghargaan ProKlim Lestari yang merupakan penghargaan tertinggi untuk kampung iklim, yakni, Desa Jaro dan Desa Kambitin Raya dari Kabupaten Tabalong.

"Keduanya berhak mendapatkan penghargaan ProKlim Lestari karena berhasil membina 10 desa lain hingga terdaftar dalam sistem registri nasional," terangny

Baca juga: ProKlim butuh banyak keterlibatan masyarakat lokal turunkan emisi

"Sepuluh desa itu telah meningkatkan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di wilayah masing-masing," tuturnya.

Sedangkan untuk tropi ProKlim Utama, kata Hanifah, yang merupakan penghargaan khusus kepada kampung iklim diraih tujuh desa, yakni, Desa Kiram Kabupaten Banjar, Desa Padang Panjang Kabupaten Banjar, Desa Ribang Kabupaten Tabalong.

Selanjutnya, Desa Teluk Karya Kabupaten Balangan, Desa Bitahan Baru Kabupaten Tapin, Dusun III Desa Pandansari Kabupaten Tanah Laut dan Desa Tegal Rejo Kabupaten Kotabaru.

"Sementara itu untuk sertifikat ProKlim Utama sebanyak 30 desa di berbagai kabupaten/kota di Kalsel," ujarnya.

 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana saat menerima penghargaan Program Kampung Iklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya di Jakarta, Jumat (29/10/2022). ANTARA/HO

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022