inovasi lainnya juga akan terus ditingkatkan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaluddin meraih penghargaan Nawacita Award atas prestasi di bidang inovasi layanan administrasi kependudukan di Ibu Kota Jakarta, Jumat. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, menyebutkan, salah satu inovasi tersebut adalah program layanan administrasi kependudukan 15 menit selesai.

"Sebagai dasar dari segala jenis layanan, kami memiliki peran besar dalam menyukseskan pembangunan nasional melalui pemanfaatan data administrasi kependudukan," kata Budi. 

Adapun inovasi lainnya, lanjut Budi, yakni layanan "gosend", layanan pengambilan dokumen "drive thru", layanan Rabu petang dan berbagai program lainnya yang menarik dan menyenangkan bagi masyarakat.

Budi menilai penghargaan ini bukan akhir dari perjalanan perkembangan layanan administrasi kependudukan, tetapi merupakan cambuk bagi pihaknya untuk bekerja lebih baik dan lebih giat sehingga dapat menyediakan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Baca juga: Media binaan Menkumham gelar Nawacita Award 2022

"Selain simpul yang kuat bagi layanan administrasi kependudukan melalui instansi kami, untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, inovasi-inovasi lainnya juga akan terus ditingkatkan," katanya. 

Ia juga menambahkan, kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lain agar seluruh pelayanan nantinya akan lebih efektif dan akurat dalam memberikan masukan untuk pembangunan daerah dan nasional. 
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Budi Awaluddin (kanan) memberikan ucapan selamat kepada pengantin baru setelah dibukanya layanan integrasi antara KUA dengan Dukcapil di Jakarta Timur, Senin (3/1/2022). ANTARA/HO-Dinas Dukcapil DKI

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Nawacita, Yasonna H laoly dalam sambutannya menerangkan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh nasional yang telah berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Selain untuk memicu tumbuh kembang bagi kemajuan dan kesejahteraan, kata Yasonna, apresiasi ini diharapkan dapat menyongsong Indonesia bisa maju.

"Oleh karenanya butuh orang-orang unggulan yang pada saat ini menerima penghargaan. Sembilan kategori yang sudah ditetapkan dari Nawacita Award merupakan agenda nasional dengan sembilan prioritas pembangunan yang merupakan program Presiden Jokowi," ucap Yasonna.

Baca juga: Effendi : saat ini, pemerintahan nawacita tapi rasa kapitalis

Nawacita award 2022 diberikan kepada tokoh-tokoh yang berdedikasi dalam mengimplementasikan Program Nawacita.

Sembilan kategori dalam program Nawacita Presiden Jokowi seperti Pertahanan dan Keamanan, Sistem Demokrasi, Pembangunan Daerah, Penegakan Hukum dan Kesejahteraan Rakyat.

Peserta awal sebanyak 500 tokoh dan kemudian terseleksi menjadi 81 nama hingga mengerucut menjadi 27 tokoh yang telah menerima penghargaan pada saat ini.

Adapun penerima Nawacita Award itu antara lain adalah : 

1. Ketua MK Anwar Usman
2. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
3. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
4. Kepala BPIP Yudian Wahyudi
5. Kadis Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin

​​​Baca juga: Melihat perwujudan Nawacita dari Saumlaki

6. Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi
7. Anggota DPD Jimly Asshidiqie
8. Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf
9. Ketum KADIN Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat
10. Menko PMK Muhadjir Effendy
11. Menteri Sosial Tri Rismaharini
12. Menteri BUMN Erick Thohir
13. Menko Polhukam Mohammad Mahfud Mahmodin
14. Ketua DPR Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi
15. Politikus Indonesia dan Aktifis NU Yenny Wahid
16. Ketum PP Muhammadiyyah Haedar Nashir
17. Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama
18. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
19. Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
20. Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim
21. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
22. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
23. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Djojohadikusumo
24. Panglima TNI Muhammad Andika Perkasa.

Baca juga: Legislator sebut Nadiem sukses jalankan Nawacita Jokowi

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022