dikibarkan secara serentak dengan titik pusat Tugu Garuda di perbatasan Jagoi Babang
Pontianak (ANTARA) - Kegiatan merah putih tapal batas di Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat memecahkan rekor Museum Rekor-Indonesia (MURI) dengan pengibaran bendera terbanyak di kawasan perbatasan Indonesia - Sarawak, Malaysia yakni sebanyak 2022 bendera.

"Pemecahan rekor MURI pengibaran bendera terbanyak di Jagoi Babang ini sekaligus kegiatan jelajah perbatasan oleh pecinta motor se- Kalimantan dan terlibat juga saudara kita dari Malaysia," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, I Made Putra Negara saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu.

Ia menjelaskan kegiatan merah putih tapal batas ke-4 tersebut juga masih berkaitan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda 2022.

"Bendera merah putih tersebut dikibarkan secara serentak dengan titik pusat Tugu Garuda di perbatasan Jagoi Babang. Penancapan atau pemasangan tiang secara serentak semua pihak termasuk ada sebanyak 3.000 pencinta motor," jelas dia.

Baca juga: Penyelam anak ikut pecahkan rekor MURI upacara bawah laut TNI AL

Dengan kegiatan tersebut menurutnya menjadi momentum bagi pelaku usaha pariwisata karena digerakkan untuk mengambil peran dan tentu saja banyak keuntungan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Bahkan besok, 30 Oktober 2022 para pecinta motor akan diajak berkunjung ke air terjun atau Riam Parangek dan sekitarnya untuk mengenal dan sekaligus merasakan sejuknya air Sungai Tanggi dan tentu bermain rafting bagi yang berkenan," ucap dia.

Terkait pengembangan wisata, pihaknya terus gencar dengan melakukan berbagai pendampingan, promosi serta kegiatan-kegiatan dengan melibatkan para pihak.

"Kabupaten Bengkayang memiliki destinasi wisata pantai, pulau, air terjun, gunung, kuliner, budaya dan lainnya. Kekayaan yang ada terus kami maksimalkan melalui berbagai pendekatan," ucap dia.

Baca juga: 3.500 semafor kepung Bumi Perkemahan Bekasi untuk pecahkan rekor MURI

Pewarta: Dedi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022