Jakarta (ANTARA) - Kitong Bisa Foundation memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan meresmikan pusat belajar nonformal di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu.

Education Program Kitong Bisa, Risa Maulegi, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu (29/10) malam, menjelaskan pusat belajar atau Kitong Bisa Learning Center (KBLC) Jakarta bertujuan membangun karakter dan meningkatkan literasi baca tulis pada anak.

"Tujuan utama KBLC ini adalah membangun kebiasaan baik pada anak-anak. Kemudian dikembangkan lagi dalam meningkatkan literasi baca tulis, Bahasa Inggris dan karakter anak-anak yang ada di sini," kata Risa.

Turut hadir dalam peresmian KBLC itu adalah Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar dan Lurah Petamburan Rian Hermanu. KBLC di Petamburan tepatnya berlokasi di RT 10 dan RT 13, RW 04.

Koordinator KBLC Jakarta Michael Adam mengatakan peningkatan literasi, termasuk kegiatan membaca di masyarakat, merupakan poin penting dalam elemen pendidikan.

"Hari ini kita telah meluncurkan KBLC Jakarta, tepatnya di Petamburan. Menurut saya ini suatu momen yang harus dijaga dan dikembangkan dalam membudayakan literasi dan juga gemar membaca di masyarakat karena membaca merupakan poin penting dalam elemen pendidikan," kata Adam.

Sementara itu, Lurah Petamburan Rian Hermanu mengapresiasi pendirian pusat belajar nonformal tersebut.

"Jadi anak-anak tidak hanya mendapat pelajaran dari sekolah, tetapi juga dari wilayah. Anak-anak menjadi senang, karena dapat belajar sambil bermain. Saya juga mengajak para orang tua untuk mendukung program-program KBLC karena ini sangat baik untuk pendidikan dan karakter anak-anak," katanya.

Salah satu warga Petamburan, Lis Sumarni, berharap anak-anak di wilayah tersebut dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, termasuk mendapat pembekalan akhlak.

"Kami di sini senang dan mendukung sekali dengan adanya Kitong Bisa. Kami harap anak-anak di sini selain dapat belajar sambil bermain, juga akan mendapat pembekalan akhlak," ujar Lis Sumarni.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022