Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan kampus ketiga yang telah mencanangkan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBK/WBBM).

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Diktiristek Kemendikbudristek Tjitjik Sri Tjahjandarie dalam sambutannya secara virtual pada Deklarasi Zona Integritas Universitas Hasanuddin di Makassar, Senin, memberikan apresiasi tinggi atas komitmen civitas akademika Unhas untuk pencanangan wilayah bebas korupsi.

"Saat ini Unhas merupakan perguruan tinggi ketiga yang telah mencanangkan zona integritas untuk seluruh unit kerja atau fakultas. Sebelumnya itu sudah ada USU (Universitas Sumatera Utara) dan UI (Universitas Indonesia),"katanya.

Ia menjelaskan pihaknya di direktorat perguruan tinggi sedang menggalakkan seluruh lini, baik di kementerian dan perguruan tinggi untuk pencanangan zona integritas. Untuk itu, pihaknya menyambut baik dengan pencanangan zona integritas di Unhas.

Baca juga: USU layak masuk Zona Integritas WBK dan WBBM 2021
Baca juga: Kemendikbud tunjuk UI sebagai PTN zona integritas


Terkait transformasi birokrasi hingga 2025, kata dia, pihaknya terus mendorong agar program zona integritas dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan ekonomis.

Dalam Visi Indonesia Emas 2045.  Presiden sudah menjalankan atau mencanangkan visi yang salah satunya tentang pengelolaan pemerintahan yang bersih.

Dalam hal ini, kata dia, maka perlu ditegakkan zona-zona lingkup kerja, termasuk di dalamnya Kemendikbudristek yang tentu saja unit kerjanya perguruan tinggi di Indonesia sehingga mampu membangun zona integritas di wilayah masing-masing.

"Memang di dalam visi Ditjen Dikti, kita ingin mendukung visi misi Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian," ujarnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022