menjadi penyemangat bagi kawan-kawan untuk berkontribusi
Jakarta (ANTARA) - Koordinatoriat Wartawan Balai Kota/DPRD DKI Jakarta (Balkoters) menilai penghargaan Jakarta Youth Award (JYA) 2022 sebagai penyemangat bagi pemuda saat berkontribusi bagi pembangunan, termasuk untuk kalangan jurnalis dalam bekerja.

"Bagi kami, penghargaan ini jadi legitimasi tersendiri buat Balkoters DKI dan menjadi penyemangat bagi kawan-kawan untuk berkontribusi, berbuat sesuatu yang positif, terutama untuk Jakarta lebih baik," ujar Ketua Koordinatoriat Wartawan Balai Kota/DPRD DKI Jakarta (Balkoters) Sammy Edward Wattimena di Jakarta, Senin.

Ia menjelaskan, secara umum penghargaan Jakarta Youth Award 2022 dari Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta itu, diberikan kepada tokoh muda yang memberikan kontribusi bagi pembangunan di Jakarta.

Pewarta senior di Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta ini menceritakan bahwa saat awal menjadi koordinator pada 2020 silam, langsung dihadapkan dengan pandemi COVID-19, namun ia bersama kawan-kawan wartawan tidak berdiam diri dan tetap berkontribusi kepada Jakarta dengan berbagai aksi sosial sekaligus menyebarluaskan informasi valid kepada masyarakat.

"Bersyukur, saya dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki semangat bekerja untuk menjadikan Jakarta menjadi lebih baik, terutama dalam masa pandemi. Yakni dalam tugas kami bagaimana menghasilkan produk jurnalistik yang mumpuni di tengah pandemi COVID-19. Semoga, penghargaan ini bisa menjadi pemicu semangat generasi muda lainnya," ujarnya.

Baca juga: 10 tokoh raih penghargaan Jakarta Youth Award 2022

Diketahui, sebanyak 10 tokoh meraih penghargaan Jakarta Youth Award 2022 karena memiliki peran dan semangat kebangsaan serta menguatkan persatuan dan kemajuan pemuda di Ibu Kota.

"Penghargaan diberikan kepada tokoh-tokoh yang memiliki keteguhan, dedikasi, loyalitas, prestasi dalam pekerjaannya dalam membangun DKI Jakarta dan diharapkan menjadi inspirasi dalam membangun motivasi para pemuda Jakarta," kata Ketua Tim Seleksi Jakarta Youth Award 2022 Rahmatulloh di Jakarta, Jumat (28/10).

Rahmatullah menyebutkan bahwa pemilihan pemenang penghargaan melalui berbagai tahapan yang cukup panjang, mulai dari riset, kajian dan verifikasi selama enam bulan terakhir.

"Setidaknya ada 85 nama yang kita jaring, namun ada 10 orang yang berhak mendapatkan penghargaan tersebut. Dengan beberapa kriteria pertimbangan, yang pertama, memiliki komitmen tinggi dalam memberikan sumbangsih bagi kebaikan kota Jakarta sehingga menjadi inspirasi dan motivasi bagi pemuda," ucap dia.

Selain itu, tokoh ini secara konsisten dan totalitas dalam mengemban amanah, memiliki pemahaman mendalam di bidang atau profesinya yang diimplementasikan untuk kemajuan pembangunan Jakarta.

Baca juga: Ketua PMI DKI terima penghargaan Jakarta Youth Award 2020

Kemudian, secara konsekuen dan berkelanjutan rela memegang tugas dan tanggung jawab di pundaknya serta berani mempertahankan ide, gagasan dan gerakan yang nyata tanpa adanya intervensi kepentingan manapun.

Adapun kesepuluh tokoh penerima Jakarta Youth Award 2022 adalah Aris Supriyanto (Dirut Perumda Pal Jaya), Bahrullah Akbar (Komisaris Utama Bank DKI/Tokoh Betawi), Budi Awaludin (Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta), Fery Farhati (Ketua TP PKK DKI Jakarta 2017-2022), Hengky Silatang (Ketua Umum Pertina DKI Jakarta).

Lalu Laksda TNI Irvansyah (Ketua Umum PSAWI DKI Jakarta/Panglima Komando Armada III), Mujiyono (Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta), M. Akbar Kurniawan (Atlet Berkuda DKI Jakarta), Sammy Edward Wattimena (Ketua Balkoters/Koordinator Balaikota - DPRD DKI Jakarta), dan Usni Hasanudin (Kaprodi Ilmu Politik UMJ).

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022