Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Senin (31/10) mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Luiz Inacio Lula da Silva atas terpilihnya dia sebagai Presiden Republik Federasi Brazil.

Dalam pesannya, Xi menguraikan bahwa China dan Brazil, baik sebagai negara berkembang utama maupun negara emerging penting, memiliki tanggung jawab dan kepentingan bersama yang luas.

Sejak China dan Brazil menjalin hubungan diplomatik 48 tahun yang lalu, dengan berbagai upaya bersama dari pemerintah kedua negara dan semua sektor masyarakat mereka, hubungan bilateral telah mencatatkan perkembangan jangka panjang, dengan kerja sama di berbagai bidang membuahkan hasil-hasil yang bermanfaat.

Seraya menyatakan bahwa China dan Brazil menikmati persahabatan jangka panjang, Xi mengatakan untuk memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan yang melayani kepentingan fundamental kedua negara dan rakyatnya, serta kondusif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional dan dunia serta mempromosikan kemakmuran dan pembangunan bersama.

Xi mengatakan dia menaruh perhatian besar pada pengembangan hubungan China-Brazil dan siap bekerja dengan Presiden terpilih Lula, dari perspektif ketinggian strategis dan jangka panjang, untuk bersama-sama merencanakan dan mengangkat kemitraan strategis komprehensif China-Brazil ke level yang lebih tinggi sehingga menguntungkan kedua negara dan rakyatnya. 

Sumber: Xinhua

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022