Beijing (ANTARA) - Mengtian, modul laboratorium kedua Tiangong, berhasil melakukan penambatan (docking) dengan port depan Tianhe, modul inti stasiun luar angkasa tersebut, pada Selasa (1/11) pukul 04.27 (Waktu Beijing) atau 03.27 WIB.

Docking itu dilakukan setelah Mengtian memasuki orbit yang direncanakan, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) sebagaimana diwartakan Xinhua pada Selasa.

Seluruh proses pertemuan (rendezvous) dan penambatan memakan waktu sekitar 13 jam.

Selanjutnya, Mengtian akan melakukan transposisi sesuai rencana, menurut CMSA.

Modul Mengtian, bersama dengan modul inti Tianhe dan modul laboratorium Wentian, kemudian akan membentuk konfigurasi dasar stasiun luar angkasa dalam bentuk huruf "T". Selesai
 
Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian yang berhasil melakukan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian melakukan operasi pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)
 
Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian melakukan operasi pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao



 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022