Samarinda (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjajaki aspek-aspek kerja sama dengan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang bisa dikembangkan dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Termasuk juga di dalamnya bagaimana mahasiswa bisa ikut terlibat. Salah satu bentuk keterlibatan melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," kata Deputi Bidang Lingkungan Hidup Sumber Daya Alam Otorita IKN Nusantara Myrna Safitri di Samarinda, Selasa.

Ia memaparkan pembangunan IKN bukan sekadar membangun kota, melainkan juga membangun peradaban baru sehingga pendidikan menjadi bagian penting dari upaya tersebut.

"Kami di Otorita IKN sangat menyadari bahwa pembangunan itu juga perlu didukung oleh sains dan teknologi yang kuat. Itu adalah ranah dari teman teman yang ada di perguruan tinggi," tuturnya.

Baca juga: Pejabat Badan Otorita diminta koordinasi dengan daerah asal IKN

Menurutnya, Unmul mempunyai peran strategis karena selain berlokasi di Kaltim, juga terlibat di dalam proses-proses untuk penyiapan pembangunan IKN, bahkan di dalam pengusulan Kaltim menjadi lokasi IKN.

"Dengan segala resources, sumber daya manusia (SDM), dan keahlian yang dimiliki, Unmul mempunyai peran penting dalam mendukung kami di Otorita IKN, untuk membangun IKN berdasarkan konsep-konsep yang lebih solid dan utuh," katanya.

Ia menyebutkan modal yang dimiliki Unmul banyak, maka dari itu menjadi penting untuk kemudian bersinergi, dikelola dan diurus lebih sistematik lagi.

Baca juga: Kadin ajak investor bangun IKN Nusantara

Myrna menegaskan masyarakat lokal tak perlu khawatir tersisihkan dengan adanya migrasi dari masyarakat luar Kaltim.

Kebutuhan membangun IKN, ucap dia, kebutuhan besar, memerlukan banyak tenaga kerja.

"Sekarang yang penting adalah mampukah teman-teman di sini membangun budaya kerja. Kalau kemampuan bisa diikuti dengan pelatihan, tetapi budaya kerja itu persoalan mental," ujarnya.

Ia meminta masyarakat Kaltim bekerja lebih cepat, cerdas, terarah, dan yang lebih penting mampu bekerja dalam suatu tim karena membangun IKN tidak bisa hanya satu orang, tetapi harus bekerja di dalam tim.

"Saya berharap dukungan penuh dari Unmul terhadap pembangunan IKN," ucapnya .

Baca juga: Presiden Jokowi yakin akan rayakan HUT Ke-79 RI di IKN
Baca juga: Otorita IKN gelar jajak pasar pekan ini

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya R
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022