Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan pendidikan politik di basis-basis partai tersebut agar warga berpartisipasi atau ikut serta dalam setiap proses dan tahapan pemilihan umum 2024.

"Hal ini sebagai salah satu upaya dan kontribusi NasDem dalam meningkatkan kualitas demokrasi, serta upaya mewujudkan demokrasi yang bermartabat," kata Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Sulteng, Aristan, di Palu, Rabu, terkait upaya mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu 2024.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta gencarkan pendidikan politik warga jelang pemilu

Kata dia, upaya meningkatkan kualitas demokrasi dan membangun demokrasi yang bermartabat, bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilihan umum semata. Melainkan, partai politik juga memiliki tanggung jawab terhadap hal tersebut.

Oleh karena itu, ia menyatakan, NasDem memiliki kewajiban untuk mengedukasi masyarakat mengenai pemilu.

"NasDem berkewajiban melaksanakan politik dan mengimplementasikan politik yang sehat, dan kami memiliki sejumlah program - program berkaitan dengan hal tersebut. Di mana program itu semuanya bermuara untuk melayani kepentingan masyarakat, termasuk di dalamnya yakni mengedukasi warga mengenai pemilu dan pemilihan," ujarnya.

Baca juga: Akademisi ajak masyarakat berpikir kritis hadapi kampanye hitam

Ia menguraikan, NasDem saat ini sedang memperkuat struktur partai mulai di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, kelurahan dan desa, bahkan tingkat RT.

Penguatan struktur tersebut, ujar dia, diikutkan dengan pendidikan politik, yang tidak hanya menanamkan kepada pengurus, anggota, dan simpatisan tentang visi dan misi NasDem. Melainkan, juga meliputi tujuan pemilu dan pemilihan.

Baca juga: Guru Besar UI minta akademisi dan LSM beri pendidikan pemilih

"Hal ini agar pengurus, anggota/kader dan simpatisan NasDem memiliki pemahaman politik yang baik, sehingga tidak muda terpengaruh dengan politik - politik identitas, informasi hoaks atau informasi negatif menyangkut kepemiluan," kata dia.

Di samping itu, ia menambahkan, DPW NasDem Sulteng juga menggencarkan informasi kepemiluan dan visi misi partai politik melalui berbagai platform media sosial, agar lebih banyak menjangkau masyarakat.

Baca juga: KPU mendorong perempuan terlibat aktif dalam proses pemilu

Sebelumnya Ketua KPU Sulawesi Tengah, Nisbah, mendorong partai politik untuk turut serta membantu KPU dan pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum 2024.

KPU Sulteng mendorong agar partai politik membangun kesadaran masyarakat atau pemilih untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 mendatang. Termasuk sosialisasi untuk membangun kematangan dalam berdemokrasi serta berkembangnya komunitas masyarakat yang peduli pemilihan dan demokrasi. 

Baca juga: KPU bentuk kelas pemilu maksimalkan pendidikan pemilih di Kalsel

Di samping itu, KPU Sulteng juga mendorong partai politik membangun pengetahuan pemilih tentang bagaimana menyalurkan hak pilih agar hak suara/hak pilih sah.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022