Kasus ini baru dalam tahap penyidikan umum.
Jakarta (ANTARA) - Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi pada kegiatan skema kredit ekspor berbasis perdagangan (SKEPB) rajungan dan daging sapi pada PT Surveyor Indonesia.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksan Agung Ketut Sumedana di Jakarta, Kamis, menyebutkan penyidik telah melakukan gelar perkara dan memutuskan peningkatan penanganan kasus tersebut dari penyidikan ke penyidikan umum.

"Berdasarkan gelar perkara pada tanggal 21 Oktober sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan umum, jadi baru penyidikan umum," kata Ketut.

Dalam menelisik kasus tersebut, kata dia, penyidik telah memeriksa saksi kurang lebih 20 orang dan sudah melakukan penggeledahan di tiga tempat. Penggeledahan itu pada tanggal 27 dan 28 Oktober lalu.

Ia menyebutkan tim penyidik melakukan penggeledahan di Kantor PT Surveyor Indonesia, Jalan Gatot Subroto, kemudian di PT Asuransi Jasaraharja Putera.

"Selanjutnya yang nomor tiga yang kami geledah di kediaman Bambang Isworo (mantan Direktur Operasi Surveyor Indonesia)," katanya.

Dari hasil penggeledahan tersebut, lanjut Ketut, penyidik menemukan dokumen-dokumen penting yang terkait dengan perkara tersebut.

"Penyidik juga menyita barang-barang elektronik (BBE) yang terkait dengan perkara ini," kata Ketut.

Ditegaskan pula bahwa kasus ini baru dalam tahap penyidikan umum, dan ditargetkan dalam waktu dekat bakal ditingkatkan penanganan perkara menjadi penyidikan khusus.

Baca juga: KPK pindahkan Luthfi Hasan ke Lapas Sukamiskin
Baca juga: PT Surveyor Indonesia ditunjuk sebagai konsultan pengawas proyek Palapa Ring


Dalam perkara ini, kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi, diduga Direktur Operasi Surveyor Indonesia yang kala itu dijabat oleh Bambang Isworo berkegiatan bisnis di luar institusinya. Selanjutnya yang bersangkutan ada dugaan menjaminkan institusinya dalam kegiatan bisnis tersebut.

"Jadi, faktanya bagaimana? Nanti kami dalami," kata Kuntadi.

Ia menjelaskan bahwa PT Surveyor Indonesia (PTSI) merupakan salah satu BUMN dengan misi awal membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam memperlancar aliran barang modal dan peralatan ke Indonesia.

PTSI memberikan beberapa layanan berupa pemeriksaan teknis, survei, pengkajian, penilaian pengawasan, auditing, serta konsultansi. Layanannya, kata dia, mencakup berbagai bidang jasa, termasuk industri, pemerintah, pengembangan wilayah, minyak dan gas bumi, mineral, sistem dan sertifikasi, lingkungan, pertanian, serta manajemen outsourcing.

Dikutip dari laman resmi PTSI disebutkan bahwa Surveyor Indonesia menjadi mitra strategis bagi pemerintah, swasta, dan patner kerja perusahaan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan produk dalam negeri pada bidang infrastruktur, kemaritiman, energi, dan ketahanan pangan.

Mitra tidak hanya sebatas pelanggan ketika bekerja sama, tetapi sebagai rekan bisnis berkelanjutan dalam hubungan jangka panjang.

Baca juga: Surveyor salurkan donasi tanggap bencana erupsi Gunung Semeru

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022