Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyambangi delapan sekolah selama sebulan terakhir guna memfasilitasi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat merekam KTP elektronik (e-KTP).

"Kita lakukan layanan jemput bola secara rutin setiap minggu ada dua sekolah yang kita sambangi," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat, Gentina Arifin saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jakarta Selatan jemput bola perekaman KTP-el di sejumlah sekolah

Gentina mengatakan kegiatan ini dilakukan berdasarkan permintaan dari pihak sekolah yang ingin menggelar perekaman e-KTP untuk murid.

Setelah permintaan setiap sekolah masuk ke Sudin Dukcapil, pihaknya akan menyambangi sekolah tersebut setiap Senin dan Kamis.

Namun, Gentina belum bisa merinci jumlah pelajar SMA yang merekam e-KTP di Jakarta Barat.

Dia hanya memastikan cukup banyak sekolah yang berkoordinasi dengan Sudin Dukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP ini.

Baca juga: WNA di Jakarta Utara kini bisa memperoleh KTP Elektronik

Dengan program tersebut, siswa diharapkan dapat memperoleh KTP dengan praktis tanpa harus mengurus ke kelurahan atau kantor Sudin Dukcapil Jakarta Barat.

Gentina juga memastikan program "jemput bola" ke setiap sekolah itu akan digelar secara rutin oleh Sudin Dukcapil Jakarta Barat selama 2022.

Sambil membuka layanan di sekolah, pihaknya juga tetap membuka pelayanan di kantor untuk warga yang mau membuat KTP hingga memperbaiki surat-surat identitas seperti kartu keluarga dan akta lahir.

Baca juga: Anies optimistis layanan 15 menit di Dukcapil genjot kepuasan publik

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022