Lintasan ini mempengaruhi pencatatan rekor, jika ini tidak standar maka sebagus apapun rekor yang dihasilkan tidak akan diakui
Sumbar (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahara (Menpora) RI Zainudin Amali meresmikan lintasan atletik berstandar internasional pertama di Sumatera Barat yang dibangun di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat dalam menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2022.

"Lintasan ini sangat bagus dan berstandar internasional. Kita sudah resmikan dan coba lakukan peninjauan secara langsung, hasilnya memang bagus dan menjadi lintasan standar internasional pertama di Sumbar," kata dia saat meninjau lapangan atletik UNP di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, dengan adanya lintasan ini diharapkan sejumlah rekor tercatat di sini dan dengan standar internasional yang dimiliki lintasan ini maka rekor yang lahir akan tercatat sempurna.

Baca juga: SUGBK tidak boleh digunakan konser hingga Piala Dunia U-20

"Lintasan ini mempengaruhi pencatatan rekor, jika ini tidak standar maka sebagus apapun rekor yang dihasilkan tidak akan diakui," kata dia.

Ia mengajak masyarakat Sumbar bersyukur memiliki lintasan atletik di Universitas Negeri Padang dan menjadi pemicu semangat masyarakat Sumbar untuk menghasilkan atlet terbaik.

Menurut dia saat ini sarana sudah ada dan tinggal bagaimana menggunakan serta merawat fasilitas yang ada saat ini. Biasanya, ia melanjutkan, semangat membangun tinggi namun kurang untuk merawat sehingga sarana yang ada menjadi rusak.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi dorongan Menpora yang telah dua kali datang ke Sumbar untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII 2022 dan lintasan ini merupakan salah satu venue perlombaan.

Ia mengatakan ditunjuknya Universitas Negeri Padang sebagai penyelenggara Pomnas telah mendapatkan dukungan sarana dan prasarana dari pemerintah pusat dan lintasan atletik ini salah satunya.

Baca juga: Nasib lanjutan Liga 1 tergantung Polri, kata Menpora

"Kita akui prasarana milik Sumatera Barat masih jauh dari memadai dan jika tanpa ada agenda kegiatan olahraga nasional sepertinya agak terlambat untuk dapat memenuhinya," kata dia.

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri mengatakan lintasan ini tentu akan memicu peningkatan prestasi Sumbar terutama di cabang atletik.

"Mudah-mudahan lintasan ini mendapatkan perawatan yang baik dan pengelola disiplin menggunakan sarana olahraga agar perawatan bisa berjalan optimal dan dimanfaatkan dengan baik karena ini merupakan aset negara," kata dia.

Menurut dia selain lintasan atletik, UNP memiliki kolam renang dan pihaknya menargetkan dapat menggelar event renang nasional di sini.

"Kita sanggup menggelar kejuaraan renang nasional di sini. Kita memiliki 5.000 lebih mahasiswa keolahragaan yang siap memajukan olahraga Sumbar," kata dia.

Baca juga: Menpora lapor Presiden Jokowi upaya jadikan Papua provinsi olahraga

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022