Beijing (ANTARA) - China telah melaksanakan kerja sama internasional aktif terkait Sistem Satelit Navigasi BeiDou (BeiDou Navigation Satellite System/BDS) dan memajukan pengaplikasiannya di seluruh dunia, menurut buku putih yang dipublikasikan pada Jumat.

Kerja sama dan pengaplikasian BDS telah berkontribusi dalam membangun komunitas global dengan masa depan bersama,

Buku putih yang berjudul Sistem Satelit Navigasi BeiDou China di Era Baru itu dirilis oleh Kantor Informasi Dewan Negara China.

Kerja sama internasional dan pengaplikasian BDS didasarkan pada prinsip-prinsip keterbukaan, integrasi, koordinasi, kompatibilitas, saling melengkapi dan berbagi, papar buku putih itu.

China telah aktif mendukung dan memajukan kompatibilitas serta interoperabilitas dari berbagai sistem satelit navigasi untuk menyediakan layanan yang lebih berkualitas, beragam, aman dan andal bagi pengguna.

China terus mendorong kerja sama internasional dan pertukaran terkait BDS melalui langkah-langkah seperti memperkuat mekanisme kerja sama, meningkatkan jalur kerja sama, serta membangun platform dan jendela kerja sama, papar buku putih tersebut.

China juga melakukan segala upaya agar BDS diratifikasi oleh organisasi standar internasional dan organisasi standar di sektor industri dan aplikasi khusus, seperti penerbangan sipil, maritim, pencarian dan penyelamatan dan komunikasi seluler.

Menurut buku putih tersebut, China sedang berupaya untuk mempercepat pengaplikasian skala besar BDS di seluruh dunia guna mendongkrak pembangunan ekonomi dan sosial serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022