Jakarta (ANTARA) - Bima Perkasa Jogjakarta meraih kemenangan tipis 46-43 atas Bali United Basketball Club pada laga perdana turnamen pramusim IBL Indonesia Cup 2022 di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Jumat

Dalam laga ketiga tersebut, Bima Perkasa dan Bali United sama-sama tampil impresif.

Pada kuarter pertama, Bima Perkasa menurunkan starter Samuel Devin Susanto, Restu Dwi Purnomo, Ikram Fadhil, Indra Muhammad, dan kapten tim Ali Mustofa.

Sedangkan pelatih Bali United Anthony Garbelotto hadir dengan kapten tim Abraham Wenas, diikuti Rico Aditya Putra, Bima Riski Ardiansyah, Surliyadin, dan Galank Gunawan.

Dalam hal komposisi tim, Bali United lebih diunggulkan dengan hadirnya deretan pemain senior. Namun kekompakan tim tampaknya belum terbentuk.

Kondisi tersebut berhasil dimanfaatkan Bima Perkasa sehingga unggul lebih dulu pada kuarter pertama dengan 12-9.

Baca juga: Prastawa bawa Pelita Jaya menang atas Rans di Indonesia Cup 2022

Tim asuhan Efri Meldi makin mendominasi pada kuarter kedua. Pada fase ini, Samuel Devin dan kawan-kawan mengemas 9 poin. Sementara Bali United 2 angka. Skor berubah menjadi 21-11.

Pada kuarter ketiga, Bima Perkasa tampak lengah. Bali United memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan dengan sukses mencetak 18 poin.

Meski begitu, Bima Perkasa masih unggul 31-29 berkat tambahan 10 angka pada kuarter ketiga.

Memasuki kuarter terakhir, pertandingan makin ketat. Terlihat skor yang dihasilkan, Bima Perkasa mencetak 15 poin dan Bali United 14.

Hingga akhirnya, pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Bima Perkasa 46-43.

Berdasarkan statistik, Bima Perkasa lebih banyak menghasilkan poin dari tembakan dua angka dengan persentase 52 persen atau 18 dari 34 percobaan menghasilkan poin.

Sedangkan untuk tembakan tiga angka, Bima Perkasa tidak maksimal. Dari 17 percobaan, hanya satu kali menghasilkan poin melalui Samuel Devin Susanto.

Baca juga: Dewa United turunkan skuad terbaik di Indonesia Cup 2022

Adapun pencetak angka terbanyak dari kubu Bima Perkasa adalah Ikram Fadhil. Selama 31:44 menit tampil, dia sukses mengemas 12 poin, 6 rebound, dan 1 assist.

Kemudian Samuel Devin dengan 11 poin, 3 rebound, 1 assist. Selain itu, Restu Dwi Purnomo dengan 6 poin dan 5 rebound dan Ali Mustofa dengan 6 angka, 4 rebound, 1 assist.

Sedangkan dari Bali United, Sandy Febriansyakh Kurniawan menjadi pemain paling produktif dengan mengemas 9 poin dan 1 rebound dari penampilan selama 23:23 menit.

Rico Aditya Putra juga memberikan 8 poin, 7 rebound, 3 assist. Pun demikian dengan Putu J. Satria Pande yang mengemas 7 poin dan 3 rebound.

Tembakan tiga angka Bali United dalam pertandingan ini lebih banyak dibanding Bima Perkasa. Selama empat kuarter berlangsung dari 27 kali percobaan, lima di antaranya menghasilkan poin.

Bali United selanjutnya akan berhadapan dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada Minggu (6/11). Pada hari yang sama, Bima Perkasa menghadapi Rans PIK Basketball.

Baca juga: Bumi Borneo kalahkan Hawks pada laga pembuka Indonesia Cup 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022