Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim VR46 Luca Marini mencatatkan lap tercepat pada sesi latihan bebas kedua Grand Prix Valencia, Jumat, pada saat Jorge Martin, Jack Miller dan Enea Bastianini menegaskan dominasi empat motor Ducati hari itu.

Marini memuncaki catatan waktu dengan 1:30,217 ketika Marc Marquez ikut bersaing di peringkat lima besar dengan jarak kurang dari 0,2 detik dari sang pebalap Italia, demikian laman resmi MotoGP.

Sementara itu, dua kandidat utama perebutan gelar juara dunia, Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia menjalani pertarungan yang ketat saat keduanya finis P8 dan P9 dipisahkan 0,005 detik.

Baca juga: Quartararo yakin bisa menang di Valencia bila agresif sejak start

Quartararo, yang tertinggal 23 poin dari Bagnaia di klasemen, menjalani awal pekan yang cukup baik di Valencia setelah memuncaki sesi latihan pertama ketika Bagnaia hanya mampu finis P16 pada sesi pagi.

Tampil kencang dengan kombinasi medium depan dan belakang, sang pebalap Yamaha menjajal seting ban depan hard dan belakang medium pada stint keduanya di FP2, yang terbukti tak sekencang pada FP1.

Quartararo akan menjalani tugas berat mempertahankan gelar juara dunianya, ketika Bagnaia secara matematis membutuhkan hanya tiga poin untuk merebut mahkota juara musim ini.

"Tujuannya jelas, saya hanya punya satu tujuan di kepala saya, saya tak terbebani, jadi saya akan melakukan yang terbaik untuk itu, bertarung untuk menang," kata Quartararo.

"Tentunya, ini bukan situasi terbaik dalam pertarungan gelar juara, tapi ini situasi yang baik untuk tak mempedulikan apapun. Apapun yang terjadi, ini akan menjadi musim yang tangguh tapi bagus."

Baca juga: Statistik MotoGP Valencia

Miguel Oliveira (KTM), Johann Zarco (Pramac) dan Brad Binder (KTM) untuk sementara aman di peringkat sepuluh besar catatan kombinasi latihan sebelum slot Q2 ditentukan pada FP3 besok.

GP Valencia juga akan menjadi arena penentuan gelar juara dunia Moto2 antara Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) dan Ai Ogura (Idemitsu Honda Team Asia) yang dipisahkan 9,5 poin dalam klasemen.

Sedangkan titel Moto3 tahun ini telah direbut Izan Guevara dari tim GASGAS Aspar di Phillip Island, Australia.

Baca juga: Bagnaia atau Quartararo? Juara dunia MotoGP ditentukan di Valencia

Sepuluh besar catatan kombinasi setelah FP2 GP Valencia:
1. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) – 1:30,217
2. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) + 0,105
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,128
4. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,173
5. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP) + 0,177
6. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,205
7. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) + 0,207
8. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) + 0,225
9. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,230
10. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,302
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022