Saya berharap di Tahun 2023 nanti yang bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang, kegiatan ini dapat diperluas hingga level kota Beppu, bahkan Oit
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Jepang Heri Akhmadi melirik potensi kerja sama di bidang pendidikan Indonesia-Jepang dengan Ritsumeikan Asia Pacific University (APU).

"Dengan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Indonesia, APU Ritsumeikan dapat menjadi mitra perguruan tinggi Indonesia untuk saling kirim mahasiswa Strata 1 selama 1-2 semester," kata Dubes Heri saat bertemu dengan President Ritsumeikan APU Hal Haruaki Deguchi di Beppu, Oita, Selasa, sebagaimana rilis pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dengan program internasional yang dimiliki, APU Ritsumeikan, kata dia, juga dapat menjadi tempat pelatihan serta berbagi pengalaman dengan kampus-kampus di Indonesia untuk pengembangan riset dan kepemimpinan.

Sementara, Presiden Ritsumeikan APU Hal Haruaki Deguchi dalam kesempatan yang sama berharap ke depan ada peningkatan kerja sama erat dengan perguruan tinggi Indonesia.

Baca juga: Dubes Heri yakinkan stabilitas makroekonomi Indonesia ke Jepang

Dalam kunjungan ke APU Ritsumeikan, Dubes Heri juga berkesempatan membuka Indonesia Week 2022.

Dubes Heri mengaku terkesan dengan dukungan APU Ritsumeikan terhadap mahasiswa Indonesia, terutama dalam kegiatan Indonesian Week yang telah berjalan sejak 2002.

"Saya berharap di Tahun 2023 nanti yang bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang, kegiatan ini dapat diperluas hingga level kota Beppu, bahkan Oita," katanya.

Indonesia Week 2022 di Jepang disebutkan dimeriahkan dengan tarian modern gabungan mahasiswa dan mahasiswi tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari Jepang dan negara lain. Kreativitas tari yang ditampilkan diiringi dengan lagu-lagu daerah dan lagu populer dari Indonesia.

Sementara itu, menurut data, jumlah mahasiswa Indonesia di APU Ritsumeikan hingga Maret 2022 adalah sebanyak 381 orang.

Baca juga: TNI AL tampilkan budaya Indonesia di KRI Diponegoro-365 di Jepang
Baca juga: JFF 2022 diharapkan berkontribusi bagi persahabatan Indonesia - Jepang

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022