menunjukkan rasa hormat kita kepada alam, meminimalkan gangguan dan kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas manusia
Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menyerukan penguatan kerja sama dalam konservasi lahan basah saat upacara pembukaan Konferensi Ke-14 Para Pihak Penanda Tangan Konvensi Ramsar tentang Lahan Basah.

Xi menyampaikan pidato melalui video pada upacara pembukaan 14th Meeting of the Conference of the Contracting Parties to the Ramsar Convention on Wetlands/COP14) yang digelar di Wuhan (China) dan Jenewa (Swiss) dari 5 hingga 13 November.

Mengusung tema Aksi Lahan Basah untuk Manusia dan Alam (Wetlands Action for People and Nature), pertemuan tersebut penting dan akan mengeksplorasi cara-cara untuk semakin melestarikan dan mengembangkan lahan basah, kata Xi.

"Penting bagi kita untuk membangun konsensus global dalam menghargai lahan basah, menunjukkan rasa hormat kita kepada alam, meminimalkan gangguan dan kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas manusia, dan melindungi keamanan ekologis lahan basah, demi mewariskan lahan basah yang indah kepada generasi mendatang kita," tutur Xi.

"Penting bagi kita untuk mendorong proses global dalam konservasi lahan basah, melipatgandakan upaya untuk menjaga keaslian dan integritas, memasukkan lebih banyak lahan basah yang penting dalam cagar alam, meningkatkan mekanisme dan platform kerja sama, serta meningkatkan cakupan lahan basah yang penting secara internasional," paparnya.

"Penting bagi kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara global dengan memanfaatkan peran lahan basah dalam mendorong pembangunan berkelanjutan, mengatasi perubahan iklim, melindungi keanekaragaman hayati, dan memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat di seluruh dunia," imbuhnya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022