Jakarta (ANTARA) - Penggunaan eSIM atau embedded SIM menjadi salah satu alternatif solusi bagi para pelancong untuk mengakses internet di luar negeri.

CEO JavaMiFi Andintya Maris dalam keterangannya, Minggu, mengatakan hal ini menjadi sebuah tren yang bergeser dari para wisatawan yang sebelumnya harus antre membeli kartu SIM lokal di negara tujuan.

Belum lagi, banyak yang terkendala bahasa dengan pelayanan konsumen (customer service) provider negara tujuan. Selain itu, jika membeli paket data roaming internetnya terbatas.

Baca juga: JavaMifi rangkum lima destinasi wisata populer libur Lebaran 2019

Andintya menyatakan bahwa kini banyak orang yang pergi ke luar negeri berbondong-bondong menggunakan eSIM. Hal ini terbukti sejak diluncurkannya eSIM Traveling pada 14 September lalu, sudah ada ribuan pengguna iPhone memakai eSIM Traveling by JavaMiFi.

"eSIM Traveling by JavaMiFi adalah solusi baru untuk para traveller mengakses internet di luar negeri. Karena pemakaian teknologi eSIM ini sangat mudah, pengguna hanya tinggal scan QR Code, sudah bisa langsung connect," terangnya.

Karena teknologi eSIM dinilai lebih mulus (seamless) dan aman, apalagi di saat pengguna melakukan perjalanan ke luar negeri.

Berbeda dengan kartu SIM fisik yang harus dibongkar-pasang, penggunaan eSIM juga jauh lebih aman karena tidak bisa dikeluarkan dari perangkat dengan mudah jika pengguna mengalami musibah kehilangan atau kecurian saat di luar negeri. Karena dengan eSIM, pengguna bisa melacak di mana lokasi ponsel mereka berada.

Ditambah lagi, Apple telah resmi menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seri iPhone 14 di Amerika Serikat sehingga sepenuhnya akan menggunakan eSIM.

"Meskipun hanya di Amerika Serikat, tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang nanti penggunaan eSIM only akan diterapkan oleh semua brand smartphone di seluruh negara di dunia," katanya.

Meskipun saat ini belum semua jenis dan jenama ponsel pintar bisa menggunakan eSIM, Andintya berharap eSIM Traveling ini juga bisa digunakan untuk semua ponsel pintar di masa depan.

"Dan kehadiran eSIM Traveling yang menjadi solusi internet luar negeri yang modern dan praktis, tanpa antre, tanpa registrasi," ujarnya.

Baca juga: Manfaatkan peluang WFH, Javamifi sewakan modem internet rumahan

Baca juga: Jelang musim liburan, JavaMifi perbanyak stok modem Wifi

Baca juga: JavaMifi akan sediakan modem terkoneksi 5G untuk liburan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022