Siak, (ANTARA) - Kabupaten Siak di Provinsi Riau dipercaya oleh Kementerian Olahraga (Kemenpora) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Tradisional Nasional (Potradnas) IX pada 2023.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Aris Subiyono, datang langsung ke Kantor Bupati Siak meninjau persiapan ajang ini  Selasa. 

Ajang ini menurutnya akan diikuti utusan 34 provinsi di Indonesia.

Aris mengatakan Potradnas akan diperlombakan cabang-cabang olahraga tradisional seperit egrang, terompah panjang, gobak sodor, tarik tambang dan aumpitan.

"Oleh sebab itu, kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Siak bisa menyiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan Potradnas tahun 2023 mendatang," kata Aris.

Baca juga: Formi Yogyakarta gelar lomba olah raga tradisional

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupten Siak Arfan Usman dan Ketua Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOT) Siak Fairuz Ramli menyambut Kemenpora. 

Arfan mengaku tengah melakukan persiapan untuk ajang itu.

"Kita sampaikan ke Kemenpora, saat ini Pemkab Siak tengah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk penunjang pelaksanaan pertandingan dari masing-masing cabang olahraga dipertandingkan nanti," kata Arfan.

Ketua KPOT Siak Fairuz Ramli menyambut baik negeri istana ini menjadi tuan rumah dan akan memberikan dampak yang sangat baik kepada atlet olahraga tradisional Kabupaten Siak.

"Ini dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan kembali olahraga-olahraga di masyarakat kepada generasi muda, agar olahraga tradisional tetap lestari," terang Fairuz juga  Wakil Ketua 1 DPRD Siak.

Baca juga: Unpad gelar olimpiade olahraga sunda

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022