Kita perlu mengupayakan nilai lebih. Kira-kira kalau kita menawarkan orang berinvestasi di Babel ini, apa sih nilai lebihnya
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggratiskan lahan khusus investasi, guna meningkatkan investor berinvestasi dan mendongkrak ekonomi masyarakat Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Ini tentunya sangat menarik bagi investor untuk berinvestasi di daerah ini," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pengratisan lahan untuk investasi ini akan dibahas dalam rapat koordinasi dengan bupati dan wali kota se-Provinsi Kepulauan Babel guna meningkatkan investasi 2023.

"Tujuan saya menyiapkan rakor dengan bupati dan wali kota ini supaya materi pemerintah daerah dari Bangka Belitung untuk Rakornas Investasi bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia nanti mantap," ujarnya.

Baca juga: Bupati se-Babel diminta hapus perda hambat investasi

Menurut dia, ada beberapa poin yang di highlight dalam meningkatkan investasi 2023. Pertama, mengupayakan usulan-usulan investasi di pekerjaan umum.  Kedua, perlunya mengetahui nilai lebih yang dimiliki jika ada yang ingin berinvestasi. Ketiga, cara menyiapkan informasi untuk investor, dengan memperhatikan tiga hal di antaranya memastikannya tidak bermasalah, gunakan prinsip take and give, dan keterbukaan di lapangan. 

"Kita perlu mengupayakan nilai lebih. Kira-kira kalau kita menawarkan orang berinvestasi di Babel ini, apa sih nilai lebihnya," ujar Ridwan Djamaluddin.

Menurut diam sebelum mengikuti rakornas, pemprov, kabupaten/kota, akan melakukan Fable Investment Forum terlebih dahulu, dengan tujuan agar laporan yang diberikan nantinya lebih maksimal.

"Diupayakan nanti kami akan melakukan Fable Investment Forum. Jadi saat rakornas nanti kami sudah memiliki laporan yang baik, bahwa Babel sudah bicara dengan calon-calon investor," katanya. 

Baca juga: Gubernur: Interkoneksi listrik Sumatera-Bangka tingkatkan investasi

 
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022