Seoul (ANTARA) - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol akan menghadiri pertemuan ASEAN dan Kelompok 20 (G20) pada November ini, demikian diumumkan pejabat senior Korsel, Rabu.

Korea Selatan sedang menyusun rencana KTT bilateral antara Presiden Yoon dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden serta KTT trilateral yang melibatkan AS dan Jepang di sela-sela acara tersebut, menurut Kantor Berita Korea Selatan Yonhap.

"Kami sedang menyusun KTT dengan negara-negara utama saat menghadiri pertemuan ASEAN dan G20," kata penasihat keamanan nasional Presiden Kim Sung Han saat konferensi pers.

Tidak ada keputusan yang pasti mengenai rencana pertemuan antara Presiden Yoon dan PM Jepang Fumio Kishida, kata Yonhap.

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada September. Kedua pemimpin itu lantas sepakat perlunya memperbaiki hubungan yang dirundung konflik sejarah.

Yoon, yang dilantik pada Mei, bersemangat untuk memperbaiki hubungan dengan Tokyo pada saat kedua negara menghadapi ancaman rudal dan nuklir Korea Utara yang semakin berkembang.

Pertemuan September, yang digelar di New York dan berlangsung di sela-sela Majelis Umum PBB, merupakan yang pertama sejak 2019.


Sumber: Reuters
Baca juga: Indonesia, Korsel sepakat bahas pemulihan rantai pasokan global di G20
Baca juga: Korsel bersama Indonesia jembatani kepentingan negara maju, berkembang
Baca juga: Presiden Korea Selatan akan hadiri COP26 dan KTT G20

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022