Batam (ANTARA) - PT Pos Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Riau membentuk satuan tugas (satgas) pembaruan data perusahaan penerima bantuan subsidi upah (BSU) di Kota Batam.

Kepala Kantor Cabang Utama Pos Indonesia Kepulauan Riau Elan Pramudiansyah mengatakan terdapat 3.100 perusahaan yang sudah tidak beralamat atau berlokasi di Kota Batam.

"Dari 5.711 perusahaan itu 37 persen atau sekitar 3.100 perusahaan yang notabene penerima BSU-nya antara 5-10 karyawan itu banyak yang sudah pindah keluar Batam atau bahkan sudah tutup. Ini kita buat satgas bersama BPJS Ketenagakerjaan untuk meng-'update' data perusahaan itu," kata Elan saat dihubungi di Batam, Rabu.

Baca juga: Kemnaker mulai salurkan BSU tahap VII melalui Kantor Pos

Ia menyampaikan bahwa dalam penyaluran BSU tersebut pihaknya tidak mengacu pada alamat tinggal pekerja calon penerima bantuan melainkan alamat perusahaan menaungi karyawan tersebut.

"Kami juga ada layanan call center untuk menghubungi perusahaan-perusahaan tadi yang berjumlah 1-10 orang karyawan yang menerima BSU, dan perusahaannya sudah pindah lokasi atau pindah alamat. Ini langkah upaya kami agar penyaluran BSU tepat sasaran," kata dia.

Ia mengemukakan terdapat beberapa perusahaan yang sudah pindah alamat keluar Kota Batam.

"Ada satu perusahaan yang sudah pindah ke Palembang sama karyawannya juga. Nanti ini penyaluran BSU-nya bisa di Palembang juga. Kita proses dulu update datanya," ujar Elan.

Baca juga: Pos Indonesia percepat penyaluran BSU kepada 3,6 juta penerima

Elan menambahkan saat ini penyaluran BSU difokuskan kepada penerima yang bekerja di perusahaan yang beralamat di Kota Batam.

Pekerja calon penerima BSU diimbau untuk segera mengunduh aplikasi Pospay agar pelayanan pada saat penyaluran BSU lebih cepat dan singkat.

"Penerima bisa melakukan pengecekan mandiri melalui Pospay, jika karyawan terdaftar sebagai penerima BSU maka akan mendapatkan barcode," ujar Elan.

Hingga saat ini PT Pos Kepri sudah menyalurkan BSU kepada 9.500 pekerja di Kota Batam.

Baca juga: Menaker minta PT Pos secepatnya selesaikan penyaluran BSU

"Dari 29.306 pekerja ini kita sudah menyalurkan sebanyak 9.500 pekerja. Penyaluran ini sudah berjalan beberapa hari di Batam," kata Elan.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022