Manokwari (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menunjuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dance Sangkek sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah menunggu izin menteri dalam negeri untuk menunjuk pelaksana tugas (Plt).

Dance Sangkek diperkenalkan sebagai Plh Sekda oleh Paulus Waterpauw saat menghadiri tanam serentak lahan demplot ketahanan pangan pemerintah Papua Barat, di Manokwari Kamis.

"Hadir bersama-sama kita pelaksana harian (Plh) Sekda, ini pak, kemarin sudah kita tunjuk Pak Dance Sangkek menggantikan sementara jabatan yang ditinggalkan oleh bapak Nathaniel Mandacan,’’ kata Waterpauw.

Nama Dance Sangkek sebelumnya juga telah beredar bersama dua nama lain yakni Robert Rumbekwan dan Lasarus Indouw dalam bakal calon pelaksana tugas sekda Papua Barat yang diusulkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat.

Sesuai aturan menteri dalam negeri, tugas pelaksana harian tidak lebih dari satu bulan kemudian selanjutnya dapat dipilih pelaksana tugas maupun pejabat definitif sesuai dengan mekanisme kepegawaian.

Waterpauw menyebut, penunjukan pelaksana harian dilakukan agar tidak terjadi kekosongan mengingat belum ada keputusan Mendagri terkait pelaksana tugas pejabat Sekda Papua Barat.

"Plh jabatan sekda seharusnya melekat pada jabatan yang lebih tinggi yakni saya, namun karena kesibukan sebagai Penjabat Gubernur tentu membutuhkan orang lain untuk membantu," ujar Waterpauw.

Jabatan sekretaris daerah sangat penting, terlebih dalam pengambilan kebijakan anggaran sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah, dalam pelaksanaan APBD Perubahan maupun dalam penyusunan APBD tahun 2023.

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022