Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) melatih masyarakat di Kabupaten Simeulue, pulau terluar di Aceh, membuat perahu fiber guna meningkatkan keterampilan mereka dalam mengembangkan kewirausahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Simeulue di Simeulue, Kamis, mengatakan pelatihan membuat perahu fiber diikuti 16 peserta dengan latar belakang berbeda.

"Pelatihan ini dibiayai Kemenaker RI. Kami hanya sebagai koordinator, pelatihan dilaksanakan balai latihan kerja di bawah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Simeulue," kata dia.

Ia mengatakan peserta pelatihan berasal dari 10 kecamatan di Kabupaten Simeulue. Belasan peserta tersebut mengikuti program pelatihan selama 30 hari.

Pelatihan membuat perahu fiber untuk mengajarkan masyarakat membuka usaha sendiri di bidang pembuatan perahu pada masa mendatang.

"Harapan kami, melalui program ini para peserta bisa secara mandiri mengembangkan potensi usahanya nanti, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan di Pulau Simeulue," kata Kasirman.

Baca juga: Wapres: BLK Komunitas dapat menyasar permasalahan SDM

Ia mengatakan perahu fiber banyak digunakan nelayan di Pulau Simeulue. Selain harganya terjangkau, kualitas perahu fiber lebih tahan lama jika dibandingkan dengan perahu terbuat dari kayu.

"Saat ini, nelayan Pulau Simeulue sudah banyak beralih dari perahu kayu ke perahu fiber. Untuk itu, pembuatan perahu fiber perlu dikembangkan," kata dia.

Anas Maulana, instruktur pelatihan, mengatakan peserta diajari membuat perahu fiber dari awal hingga bisa digunakan. Selama pelatihan, peserta diharapkan bisa menyelesaikan pembuatan dua hingga tiga perahu fiber.

"Kami berharap setelah pelatihan ini peserta bisa membuka usaha sendiri. Apalagi saat ini potensi pasar perahu fiber cukup menjanjikan karena semakin diminati kalangan nelayan," kata dia.

Kabupaten Simeulue wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Baca juga: Menaker: Pendekatan pelatihan vokasi berbasis komunitas disepakati G20
Baca juga: Kemenaker andalkan pelatihan vokasi dorong penyerapan tenaga kerja

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022