Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang yang dilesakkan Moise Kean tidak saja membawa Juventus menang 1-0 atas Verona dalam laga Serie A Jumat dini harii, namun juga melontarkan Juve ke urutan ketiga klasemen Liga Italia dengan meloncati AS Roma, Atalanta, Inter Milan dan Lazio.

Tetapi jika Lazio seri atau menang melawan Monza dalam laga lebih malam, Juventus bisa turun ke urutan keempat.

Pertandingan Juventus melawan Hellas Verona ini diwarnai kontroversi VAR dalam dua insiden penalti, selain oleh kartu merah untuk bek kiri Juventus Alex Sandro.

Bianconeri lagi membuncah semangatnya setelah mengalahkan Inter dalam laga sebelumnya, sekalipun mereka kehilangan Dusan Vlahovic, Federico Chiesa, dan Paul Pogba.

Baca juga: Juventus taklukkan Inter Milan 2-0 di Derby d'Italia

Ibrahim Sulemana hampir membuka skor untuk tuan rumah Verona pada menit ketiga ketika tendangan volinya melebar dari tiang gawang Juventus.

Kiper Juventus Mattia Perin juga dipaksa membuat penyelamatan penting ketika mementahkan tendangan Kevin Lasagna, sementara Danilo sukses memblok tendangan Milan Djuric yang menjadi akhir sebuah serangan balik Verona.

Giliran Juventus menciptakan peluang ketika upaya Arkadiusz Milik tepat mengarah kiper Verona Lorenzo Montipo yang berhasil mementahkan tendangan melengkung Manuel Locatelli, selain menghalau tendangan voli Bremer.

Kebuntuan terpecahkan pada menit ke-60 ketika Milik dan Adrien Rabiot bekerja sama meneruskan bola kepada Kean yang menembak sembari berlari.

Bola hasil tendangan Kean sempat membentur badan Pawel Dawidowicz sehingga arahnya berubah untuk kemudian memperdaya Montipo sekalipun tangannya sempat menjangjau bola, namun bola akhirnya masuk gawang Verona.

Baca juga: Gol tunggal Nicolo Fagioli menangkan Juventus di kandang Lecce

Insiden kontroversial terjadi ketika Danilo menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti Juventus, namun VAR menyatakan sebagai tidak penalti.

Verona kembali kecewa ketika VAR untuk kedua kalinya membatalkan peluang penalti mereka setelah kaki Leonardo Bonucci yang terlalu tinggi hingga melanggar Simone Verdi. VAR memutuskan Bonucci tidak melakukan pelanggaran karena bek Juventus ini sudah lebih dulu menyentuh bola.

Pada menit tambahan babak kedua Alex Sandro diganjar kartu merah karena membuat pelanggaran terhadap Kevin Lasagna yang sudah dalam posisi hampir mencetak gol usai menerima umpan Thomas Henry, demikian laman football-italia.

Baca juga: Moise Kean antar Juve bawa tiga poin dari Sassuolo

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022