Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggerebek jentik nyamuk sebagai upaya untuk mencegah demam berdarah dengue (DBD) di RT 006/RW 05 Kelurahan Pondok Labu.

"Total ada 105 lokasi yang diperiksa dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) ini," kata Sekretaris Kelurahan Pondok Labu Saifullah Waliulu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Saifullah menuturkan kegiatan ini dilakukan oleh perwakilan Puskesmas Kelurahan Pondok Labu dan Kecamatan Cilandak, serta para kader juru pemantau jentik (Jumantik) dari wilayah tersebut.

Menurut dia, hasilnya angka bebas jentik di Kelurahan Pondok Labu mencapai angka 98 persen, dalam artian sudah di atas batas aman yang ditentukan tingkat nasional yakni 95 persen.

Baca juga: Pemkot Jaktim lakukan PSN untuk antisipasi DBD di Duren Sawit

Ia menargetkan angka bebas jentik di wilayahnya bisa mencapai 100 persen dengan menggencarkan PSN.

Disebutkan, kegiatan PSN yang dilakukan yakni rutin membersihkan penampungan air seperti kolam, bak, ember, dispenser dan lainnya.

Saifullah pun mengucapkan terima kasih kepada kader Jumantik atas kinerja dan pencapaian angka tersebut.

"Terima kasih kepada para kader Jumantik yang telah mengerjakan tugas dengan sangat baik. Kader Jumantik dalam bertugas selalu memberi hasil terbaik, karena tanpa peran mereka tentu hasilnya tidak akan seperti itu," katanya.

Baca juga: Kelurahan Cakung lakukan PSN setiap hari untuk cegah DBD

Ia juga mengimbau kepada warga agar bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Data terbaru Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per Oktober 2022 menyebut jumlah kasus dengue sampai pekan ke-39 tahun ini telah mencapai 94.355 kasus dan diprediksi terus meningkat.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022