Kami pastikan mereka kompeten di bidangnya
Semarang (ANTARA) - Sebanyak 40 pustakawan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jawa Tengah, telah mengantongi sertifikat kompetensi sebagai pustakawan melalui ujian yang digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pustakawan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Undip Semarang Mochamad Arief Budiharjo dalam siaran pers di Semarang, Jumat, mengatakan 40 pustakawan tersebut berasal dari seluruh fakultas dan sekolah yang ada di perguruan tinggi negeri ini.

"Kami pastikan mereka kompeten di bidangnya," katanya.

Ia menjelaskan para pustakawan tersebut terbagi dalam beberapa kompetensi, yakni pelaksanaan pengembangan, koleksi perpustakaan, layanan dasar perpustakaan, pelaksanaan promosi layanan perpustakaan, pelaksanaan pengatalogan berbasis komputer dan pelaksanaan pengatalogan subjek.

"Sudah cukup lengkap dan siap menuju akreditasi perpustakaan," katanya.

Baca juga: Undip: Pelibatan masyarakat penting kurangi volume sampah di TPA

Baca juga: Pakar Undip: Produksi di daratan penting wujudkan poros maritim dunia


Sementara Wakil Rektor Undip Budi Setiyono menyampaikan selamat kepada para pustakawan yang telah lulus dalam uji kompetensi tersebut.

"Semoga sertifikat itu dapat meningkatkan kemampuan, kredibilitas, serta integritas para pustakawan yang telah menjalani uji kompetensi tersebut," katanya.

Melalui kompetensi yang dimiliki tersebut, ia berharap para pustakawan dapat semakin mengakselerasi kinerja Undip dalam melayani mahasiswa, dosen dan masyarakat umum.

Baca juga: Guru Besar Undip: ASI ibu anemia hasilkan antibodi rendah

Baca juga: Undip Semarang tambah 11 guru besar


Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022