ini untuk mengenal iklim pendidikan di negeri Turki dengan bekerja sama melalui riset dan penelitian, pertukaran mahasiswa maupun dosen
Jakarta (ANTARA) -
Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) sebagai kampus digital kreatif menjajaki kerja sama dengan Universitas Anadolu di Turki dengan melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara dua pihak.
 
"Kunjungan dan penjajakan MoU yang difasilitasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer(Aptikom) ini bertujuan untuk mengenal iklim pendidikan di negeri Turki dengan bekerja sama melalui riset dan penelitian, pertukaran mahasiswa maupun dosen dengan Universitas BSI," kata Co-Founder dan Pengurus Yayasan BSI, Naba Aji Notoseputro di Jakarta, Jumat.
 
Ia menjelaskan dalam lawatan ke Turki pada Jumat (4/11), dirinya dengan Rektor Universitas Anadolu, Prof Dr Ali Resul membahas MoU dimaksud.
 
Upaya kerja sama itu, kata dia, diharapkan menghasilkan kolaborasi dalam penelitian atau riset, transfer mata kuliah atau transfer mahasiswa Universitas BSI dengan Universitas Anadolu selama satu semester dan studi lanjut untuk mahasiswa maupun dosen di jenjang S2 atau S3.

Baca juga: Mahasiswa Universitas BSI jadi delegasi RI di COP27 PBB

Baca juga: BSI berikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi di Unhas
 
Sementara itu, Rektor Universitas BSI, Dr Ir Mochamad Wahyudi mengemukakan bahwa kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, acara ilmiah serta pertukaran dosen maupun mahasiswa.
 
"Penjajakan MoU ini meliputi program pengembangan pelatihan bersama serta pertukaran pengalaman dan pengetahuan tentang metode pengajaran, pemberian kesempatan penelitian pascadoktoral dan pelaksanaan acara ilmiah seperti konferensi bersama, lokakarya serta seminar," katanya.
 
Ia menambahkan kerja sama itu juga mengadakan pertukaran mahasiswa, dosen dan administrator untuk tujuan pendidikan atau pelatihan.
 
Kemudian, pemberian kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil studi strata 2 (MSc), strata 3 (PhD) atau studi pascasarjana di lembaga mitra, kata Mochamad Wahyudi.

Baca juga: Empat dosen BSI jadi pelatih ahli Program Sekolah Penggerak

Baca juga: BSI gelar direksi mengajar dan beri beasiswa mahasiswa Unram
 
 

Pewarta: Budhi Santoso
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022