Mataram (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiagakan satu unit helikopter untuk mengantisipasi kondisi darurat saat penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 11-13 November 2022.

"Helikopter digunakan untuk evakuasi udara dari sirkuit menuju Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB jika terjadi kecelakaan terhadap pembalap," kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH dalam keterangan resmi di Mataram, Sabtu.

Baca juga: Mataram dukung kelancaran WSBK dengan siaga personel di gerbang kota

Ia mengatakan satu unit helikopter Dauphin HR-3606 tersebut berada di helipad Pertamina Mandalika International Street Circuit selama ajang balap motor internasional itu berlangsung.

Selain itu, Kantor SAR Mataram selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Basarnas juga menerjunkan ratusan personel beserta peralatan, seperti kendaraan operasional, kapal Rescue Boat 220 Mataram, Rigit Inflatable Boat (RIB), perahu karet, ekstrikasi, dan peralatan pendukung lainnya.

Personel disiagakan di sekitar area sirkuit, medical centre, posko terpadu bencana, Pantai Seger, Pantai Kuta, Pos Siaga SAR Kuta Mandalika, RSUP NTB, Pelabuhan Lembar, Bangsal, dan Kayangan.

Baca juga: WSBK Mandalika 2022 tidak pakai pawang hujan

Baca juga: Penonton WSBK Mandalika 2022 mulai berdatangan


"Selain melaksanakan pengamanan WSBK, kita juga melakukan siaga G20 untuk wilayah perairan," ujarnya.

Nanang mengatakan siaga SAR khusus itu tidak hanya untuk penanganan pembalap, namun juga diperuntukkan bagi para penonton atau wisatawan yang membutuhkan pelayanan di bidang pencarian dan pertolongan (SAR).

Pewarta: Awaludin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022