Berikut rangkuman berita-berita politik selama sepekan yang masih menarik untuk kembali dibaca.
Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (7-12 November 2022), berbagai peristiwa politik telah diberitakan ANTARA, mulai dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyatakan persiapan Indonesia menyambut perhelatan KTT G20 mencapai 100 persen hingga peresmian tiga provinsi baru di Papua.

Berikut rangkuman berita-berita politik selama sepekan yang masih menarik untuk kembali dibaca.

Luhut: Persiapan Indonesia sambut KTT G20 sudah 100 persen

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyatakan persiapan Indonesia dalam menyambut puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 sudah mencapai 100 persen.

"Saya kira sudah 100 persen. Kita sudah siap, tinggal tunggu saja. Juga ada Pak Jenderal Sigit (Kapolri) dan Jenderal Andika (Panglima TNI) semuanya sudah siap," kata dia usai meninjau "Command Center" di Polda Bali, Denpasar, Kamis (10/11).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi ajak Uni Eropa kerja sama atasi krisis multidimensi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak Uni Eropa untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN dalam upaya mengatasi krisis global yang multidimensi seperti di sektor energi, pangan, dan juga inflasi.

“Kondisi dunia tidak membaik, krisis multidimensi harus kita hadapi antara lain krisis pangan, krisis energi, dan inflasi. Hanya satu opsi untuk menangani tantangan tersebut yaitu kerja sama,” kata Presiden Jokowi di sela penyelenggaraan KTT ASEAN Kamboja di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11).

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi segera tentukan Panglima TNI pengganti Andika Perkasa

Presiden RI Joko Widodo segera menentukan calon Panglima TNI pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022.

"Segera, segera kita siapkan penggantinya," kata Jokowi usai menghadiri HUT Ke-8 Partai Perindo di Jakarta, Senin (7/11).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh

Presiden RI Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang merupakan hasil seleksi Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/11).

Penganugerahan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 96 TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, yang ditetapkan di Jakarta 3 November 2022.

Selengkapnya baca di sini.

Mendagri resmikan tiga provinsi baru di Papua

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) provinsi di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

"Hari ini, Jumat, tanggal 11 November 2022, saya, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan UU Nomor 16 Tahun 2022," kata Tito di Lapangan Plaza Gedung A Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (11/11).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022