akan memberikan pencerahan di bidang perubahan iklim di Indonesia khususnya yang kita alami
Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris diminta menjadi pembicara untuk memberikan pencerahan di bidang perubahan iklim pada perhelatan KTT G20 di Bali.

"Saya diminta sebagai pembicara bersama beberapa gubernur lainnya yang akan memberikan pencerahan di bidang perubahan iklim di Indonesia khususnya yang kita alami," kata Al Haris usai menghadiri Festival Pentas Seni SMAN 6 Kabupaten Batang Hari, Jambi, Senin.

Selain itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi juga diminta untuk mendukung penuh kegiatan KTT G20 di Bali.

​​​​​​Salah satu bentuk dukungan diminta seluruh provinsi agar segera merehab anjungan daerahnya masing-masing di TMII Jakarta.

Provinsi Jambi langsung merehab bahkan di antara provinsi itu, Jambi yang paling cepat melakukan renovasi anjungan Jambi untuk mendukung kegiatan G20 tersebut.

Baca juga: UNIMUDA Sorong diundang khusus pada KTT G20 Bali

Baca juga: Pemprov Bali keluarkan Rp400 juta untuk tari penyambut delegasi G20


"Kemudian seluruh provinsi termasuk para gubernur juga diminta ikut memberikan rasa aman dan nyaman untuk para tamu negara selama di Indonesia dan terhadap isu isu daerah yang muncul ketika tamu tamu negara datang dan mereka akan melihat di media tentunya yang artinya kami harus menjaga marwah Indonesia di G20 bisa berlangsung dengan aman," kata Al Haris.

KTT G20 diharapkan memberikan dampak positif karena di dalam resolusi akan muncul khususnya menyikapi pada bidang kesehatan, kemiskinan dan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. 

Untuk Provinsi Jambi sendiri dampak dari pelaksanaan G20 nanti di antaranya akan mempunyai rumah sakit yang akan dibantu oleh negara-negara tergabung dalam G20 itu sampai akhir 2024 berupa kucuran dana Rp250 miliar untuk persiapan membangun ruang operasi beda jantung, otak dan kanker di Jambi.

"Masalah kesehatan juga menjadi bahan pembicaraan di KTT G20 tersebut dan bahkan negara yang terdampak pandemi menyusun kekuatan untuk mencegah masuknya pandemi lagi ke daerah di Indonesia," kata Gubernur Jambi Al Haris.

Selain itu di bidang ekonomi dampak dari KTT G20 juga, Indonesia dan khususnya Provinsi Jambi dapat membuat keputusan bidang pangan dalam kondisi sekarang ekonomi yang diterpa inflasi. 

Baca juga: Pengamat: Keketuaan G20 tingkatkan kepercayaan internasional pada RI

Baca juga: BRIN: Presidensi G20 Indonesia tingkatkan semangat kolaborasi global







 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022