pohon yang ditanam ini akan memproduksi oksigen dan baik untuk makhluk hidup
Jambi (ANTARA) - Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan penanaman 3.400 pohon kayu dan buah di Hutan Bagan Pete Kota Jambi sebagai bentuk keterlibatan perusahaan BUMN pada pelestarian lingkungan di daerah tersebut.

"Kami campur tanaman pohon dengan buah agar fauna di sini tetap bisa mendapatkan makanan dari buah," kata Kepala PNM Cabang Jambi Benny Satria Basri di Jambi, Selasa.

Dia menerangkan, melindungi pohon ini bagian dari tanggung jawab sosial pada bidang lingkungan dan untuk menjaga udara di Jambi tetap segar dan bersih.

"Pohon yang ditanam ini akan memproduksi oksigen dan baik untuk makhluk hidup," katanya.

Selain itu, penanaman pohon kayu dan buah ini akan memperbanyak jenis tanaman pohon di Hutan Bagan Pete itu.

Baca juga: Ibu Negara tanam bibit pohon di halaman Rumah Dinas Gubernur Jambi
Baca juga: SKK Migas-PetroChina tanam ribuan mangrove di Pangkal Babu Tanjabbar


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi Ardi menegaskan bahwa bibit yang telah ditanam diharapkan dapat tumbuh dengan baik dan memberikan oksigen dalam kehidupan.

"Sebanyak 3.400 pohon yang kita tanam. Dengan sistem kolaborasi ini, awal jumlah tanamannya sekitar 3.200 dari PNM Cabang Jambi dan sisanya dari DLH Kota Jambi," ucapnya.

Dia berharap untuk dapat juga berkolaborasi dengan PNM Cabang Jambi yang berkaitan dengan isu lingkungan lainnya seperti pengelolaan sampah dan pembuatan taman tematik yang ada di Kota Jambi.

Hutan Bagan Pete ini diperkirakan memiliki luas lahan lebih kurang 42 hingga 50 hektare yang masih banyak terdapat satwa liar di dalamnya. Sejatinya, Hutan Bagan Pete Kota Jambi menjadi pemasok oksigen di Kota Jambi karena masih memiliki pohon yang dapat memproduksi oksigen untuk makhluk hidup.

Hutan Bagan Pete ini juga dijadikan sarana edukasi, wisata dan penelitian karena masih memiliki berbagai jenis kayu yang dapat diteliti baik oleh peneliti ataupun mahasiswa. Selain edukasi, di kawasan ini juga menjadi lokasi hiking, mountain bike maupun lintasan motor trail.

Baca juga: Hutan Mangrove di Jambi Kian Rusak

Pewarta: Tuyani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022