Jambi (ANTARA News) - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan mulai menipis dengan jarak pandang terjangkau di Kota Jambi pada Senin siang hingga sore jika dibandingkan pagi hari.

Kabut asap berangsur menipis siang atau sekitar 12.00 WIB dan posisi itu terus bertahan hingga pukuk 15.30 WIB.

"Kita berharap kabut asap yang mulai menipis dibandingkan beberapa hari lalu itu bisa segera menghilang," kata Rozali, warga Kota Jambi.

Hujan deras Senin pagi mengguyur Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Ya, Alhamdulillah, sejak pagi ini hujan mengguyur daerah ini cukup deras, bersamaan dengan itu kabut asap terus menipis. Beberapa pekan lalu, kabut asap sangat pekat dan membuat warga jatuh sakit," kata Kenneta, warga Kualatungkal.

POrakirawan cuaca di Stasiun Meteorologi Bandara Sultan Thaha Jambi, Dwi Atmoko menjelaskan cuaca umumnya berawan dan berpeluang hujan intensitas ringan pada siang dan malam hari di pantai timur Jambi.

Sedangkan di Kota Jambi, kata dia, cuaca berawan dan diselimuti asap sedangkan hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi sore hari. Angin umumnya bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan 0,8 hingga 20 kilometer per jam.

Sementara suhu udara di Kota Jambi minimum 23 dan maksimum 32 derajat celsius dengan kelembaban minimal 61 dan maksimal 96 persen. Prakiraan cuaca itu berlaku hingga dua hari mendatang.

Pewarta: Azhari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015