Jakarta (ANTARA) - Perusahaan sistem manajemen dan pelacakan logistik pintar yang menyediakan solusi digital berbasis SaaS (software-as-a-service), McEasy memperkenalkan fitur terbaru mereka yaitu Route Optimization yang merupakan bagian dari Transportation Management System McEasy.

"Route Optimization yang didukung oleh sistem telematika (GPS & sensor) adalah solusi yang memanfaatkan algoritma jaringan untuk meningkatkan efisiensi pengiriman bagi pemain 3PL," kata Chief Business Officer McEasy Andi Setiadi di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan bahwasanya, fitur ini nantinya dapat mengoptimalisasi seluruh proses order logistik dan transportasi dalam hitungan detik hanya dengan satu klik saja.

Baca juga: McEasy luncurkan fitur "Driving Behaviour", cegah tilang elektronik

Transportation Management System adalah software terintegrasi besutan McEasy untuk merencanakan, mengimplementasikan, memantau dan mengoptimalkan proses pengiriman barang.

Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna dapat mengatur pengiriman pesanan yang paling efisien untuk setiap armada hanya dengan satu klik. Artinya, efisiensi setiap armada akan senantiasa meningkat sehingga dapat membantu perusahaan mendapatkan revenue yang lebih tinggi.

"Route Optimization dapat meningkatkan konsistensi operasional serta menghemat waktu dan biaya. Optimalisasi rute juga membantu armada menghemat bahan bakar," ucap dia.

"Selain rute, fitur ini juga mengoptimalisasi kuota muatan kendaraan sehingga proses pengiriman dapat dilakukan lebih maksimal. Tidak ada lagi bottlenecking, atau truk yang cuma terisi setengah bak," tambah dia.

Hal itu dilakukan guna mendukung volume pengiriman barang logistik di Indonesia yang tercatat terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dengan demikian, semakin meningkatnya volume pergerakan barang, efisiensi logistik juga harus ditingkatkan agar tidak berdampak pada kualitas logistik.

untuk diketahui bersama, McEasy sudah menjadi sahabat dari lebih 50 industri dan lebih dari 400 perusahaan menggunakan layanan McEasy, termasuk perusahaan besar hingga usaha kecil dan menengah. Armada yang telah terhubung dengan ekosistem McEasy telah menempuh jarak lebih dari 350.000.000 km.

Baca juga: McEasy luncurkan aplikasi manajemen transportasi versi "mobile"

Baca juga: McEasy kantongi pendanaan seri A

Baca juga: McEasy dukung percepatan digitalisasi logistik dan transportasi

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022