Tim sudah ada yang diturunkan melakukan evakuasi
Padang (ANTARA) - Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menyatakan empat bencana alam menghantam kota  Padang akibat cuaca buruk yakni hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang terjadi sejak Rabu siang.
 

Kalaksa BPBD Kota Padang Endrizal di Padang, Rabu mengatakan hingga Rabu malam pukul 19.58 WIB pihaknya mencatat terjadi empat bencana yakni pohon tumbang, angin puting beliung, longsor dan banjir.
 

Untuk kejadian pohon tumbang terjadi di 12 titik di kota tersebut yang tersebar di sejumlah kecamatan yakni Kecamatan Nanggalo, Koto Tangah, Lubuk Begalung, Padang Timur dan lainnya.
 

Pohon tumbang tersebut ada yang menimpa kabel dan menghambat akses jalan masyarakat dan ada yang menimpa bangunan serta jembatan.

Baca juga: Bencana alam landa 10 kecamatan di Padang Pariaman

Baca juga: Diterjang puting beliung, dua rumah warga Padang rusak


"Tim sudah ada yang diturunkan melakukan evakuasi dan ada yang masih dalam pengerjaan serta ada yang dibantu masyarakat," kata dia.
 

Kemudian angin puting beliung yang menimpa rumah masyarakat di Kelurahan Gates Kecamatan Lubuk begalung, satu unit rumah di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Kemudian angin puting beliung terjadi di Kelurahan Pasia Nan Tigo dan Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah.
 

"Sebagian sudah diberikan bantuan kepada korban ," kata dia.
 

Kemudian bencana longsor terjadi di empat titik yakni di jalan menuju Sungai Pisang Kelurahan Teluk Kabung yang menutup akses jalan. Kemudian longsor mengancam satu unit rumah di Teluk Bayur Kelurahan Gates XX, lalu longsor menutup jalan di Jalan Raya Padang Besi dan longsor batu menutup jalan di Sitinjau Lauik yang sedang dievakuasi alat berat.
 

Selanjutnya bencana banjir yang tercatat di empat titik yakni Jondul Rawang Kecamatan Padang Selatan dengan ketinggian air 40 sentimeter. Kampung Guo dengan ketinggian air sekitar 30 sentimeter dan luapan suang di belakang Kantor Lurah Baringin Lubuk Kilangan.
 

"Kelurahan Tabing Banda Gadang Kecamatan Nanggalo kurang lebih dengan ketinggian satu meter. dan tim gabungan telah melakukan evakuasi warga terdampak," kata dia.

Baca juga: Padang Pariaman alami 11 bencana alam periode 2-13 November

Baca juga: Wali Kota Padang tinjau lokasi banjir dan proses evakuas


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022