BPOLBF telah melakukan penandatangan MoU untuk mendukung program Pemerintah Indonesia dalam mencapai net zero emission pada tahun 2060 dan mewujudkan Kawasan Wisata Karbon Netral di Labuan Bajo dengan potensi pemanfaatan pembangkit listrik tenaga sur
Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) memperkuat kolaborasi penanganan limbah di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur untuk menjadikan daerah itu sebagai destinasi ramah lingkungan.

"Kami telah melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan PT Awina Sinergi International untuk menjadikan Labuan Bajo Flores sebagai destinasi pariwisata yang ramah lingkungan dan karbon netral," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina di Labuan Bajo, Kamis.

BPOLBF telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) untuk mendukung program Pemerintah Indonesia dalam mencapai net zero emission pada tahun 2060 dan mewujudkan Kawasan Wisata Karbon Netral di Labuan Bajo dengan potensi pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya hybrid mulai 5 MW.

Penandatangan nota kesepahaman itu telah dilakukan di Bali Nusa Dua Convention Center, Provinsi Bali, Minggu (13/11) 2022.

Ia mengatakan langkah tersebut adalah bukti konkret komitmen BPOLBF untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata yang ramah lingkungan.

"Semoga investasi energi terbarukan ini dapat direalisasikan dan menjadi percontohan," kata Shana Fatina.

Direktur Utama PT Awina Sinergi International Ananda Setiyo Ivannanto berharap kerja sama itu dapat membantu Pemerintah Indonesia yang memiliki target net zero emission sebelum tahun 2060.

"Kami berharap kerja sama ini bisa menjadi percontohan kerja sama Indonesia dengan Jepang yang bisa membantu pemerintah mencapai target net zero emission lebih cepat dari 2060," katanya dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo.

PT Awina Sinergi International merupakan perusahaan yang menyediakan solusi pengelolaan limbah dan energi terbarukan yang bergerak dalam pengembangan keberlanjutan dan karbon netral di bidang energi, pangan, pengolahan limbah, kesehatan, dan kehutanan.


Baca juga: Wamen KLHK ajak masyarakat minimalisasi sampah di Labuan Bajo

Baca juga: Otorita Labuan Bajo Flores ajak masyarakat bersihkan sampah pantai

Baca juga: BPOLBF dorong investasi pariwisata Labuan Bajo berwawasan lingkungan

Baca juga: Atasi air bersih di Labuan Bajo, BPOLBF-Manggarai Barat kolaborasi


 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022