Ini semua berperan dalam membantu menggerakkan ekonomi masyarakat,
Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengharapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII di Kota Padang mampu menggerakkan ekonomi daerah setempat

Mahyeldi Ansharullah di Padang, Kamis, mengatakan dalam kegiatan ini ada 8.948 orang yang hadir dari 34 provinsi.

Ia mengatakan seluruh kontingen akan menghabiskan waktu sepuluh hari di Sumatera Barat dan ini tentu memberikan dampak bagi ekonomi Sumbar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Rektor UNP dan seluruh pihak yang menjadikan pelaksanaan POMNAS di sini,” kata dia

Baca juga: Mendikbudristek resmi buka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional di Padang

Ia mengatakan Sumatera Barat tengah berkonsentrasi untuk mengembangkan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut dia pendidikan juga ikut mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi.
Ia mencontohkan Universitas Negeri Padang memiliki 50 ribu mahasiswa begitu juga Universitas Andalas 50 ribu mahasiswa lebih.

Mahasiswa ini ada yang dari Sumbar dan juga datang dari provinsi lain.

“Ini semua berperan dalam membantu menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata dia.

Ia berharap panitia pelaksana menyambut dan melayani para atlet dan ofisial dengan sebaik-baiknya.

Selain itu ia meminta kontingen yang menemukan hal positif di Sumbar bersedia menceritakannya ke semua orang dan jika menemukan hal negatif maka ceritakan kepada pihaknya agar dilakukan evaluasi

“Kegiatan POMNAS ini akan menghadirkan atlet yang lebih baik berkualitas dan melalui pendidikan jadi bahagian dalam seleksi atlet berbakat untuk dapatkan bibit berkualitas.

Baca juga: Ribuan atlet POMNAS 2022 siap bertanding di Kota Padang

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri mengatakan total seluruh peserta di ajang ini sekitar 8.948 orang yang terdiri dari 3.079 atlet dan 5.869 ofisial serta 455 orang wasit.

Para atlet ini akan memperebutkan 1.264 keping medali yang terdiri dari 368 medali emas, 368 perak dan 538 perunggu.

“Medali tersebut akan diperebutkan dalam 166 nomor lomba dan POMNAS tahun ini melibatkan 408 perguruan tinggi di Indonesia,” kata dia

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII ini digelar selama 10 hari dan mempertandingkan perlombaan dari 14 cabang olahraga seperti pentaque, bola basket, bola voli, atletik, taekwondo, karate, pencak silat, panjat tebing, bulu tangkis, tarung derajat, futsal , renang, tenis dan sepak takraw.

Pelaksanaan pertandingan sendiri ada di tiga kampus yakni Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, dan Poltikenik ATI Padang.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022