Jakarta (ANTARA) - Satuan tugas khusus (Satgasus) Pencegahan Korupsi Mabes Polri memantau langsung distribusi pupuk bersubsidi di wilayah Sumatera Utara, guna memastikan ketersediaan nya mencukupi dan penyaluran tepat sasaran, sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Hotman Tambunan, dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan dalam pemantauan itu pihaknya bekerja sama dengan Polda Sumatera Utara.

Menurut dia, kepolisian daerah memiliki peran strategis dalam mengawasi pupuk subsidi agar tata kelola nya benar dan tidak terjadi penyelewengan.

"Apalagi Kasatreskrim masing-masing wilayah merupakan anggota Komite Pengawasan Pupuk dan Pestida (KP3) kabupaten/kota sehingga peran aktif akan memperkuat dalam pengawasan peredaran pupuk bersubsidi di wilayah," kata Hotman.

Hal ini disampaikan Hotman saat bertemu Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Zulkarnain Panca Simanjuntak.

Baca juga: Satgasus Polri sebut tata kelola pupuk subsidi rawan dikorupsi

Baca juga: Polri-Kementan awasi distribusi pupuk bersubsidi di Malang-Probolinggo


Mantan pegawai KPK itu menyampaikan KP3 wajib mengecek ketersediaan pupuk bersubsidi agar petani yang berhak mudah mendapatkannya ketika dibutuhkan ketika mengerjakan lahan pertanian nya.

"Jika diperlukan KP3 juga dapat melakukan tindakan hukum terhadap penyelewengan pupuk subsidi yang mungkin terjadi, baik di tingkat produsen, distributor, hingga kios-kios penyuplai pupuk subsidi," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Zulkarnain Panca Simanjuntak menyampaikan, komitmen Polda Sumatera Utara dalam mengawal distribusi pupuk bersubsidi tepat sasaran dan memastikan tata kelola pupuk berjalan dengan baik.

Mantan penyidik senior KPK Yudi Purnomo Harapan menyampaikan, dari hasil pengecekan di salah satu kios pupuk subsidi di wilayah Deli Serda, ditemukan tempat penyimpanan yang tidak sesuai standar yang dapat merusak kualitas pupuk tersebut.

Yudi meminta perwakilan PT. Pupuk Indonesia untuk memperbaiki sekaligus mengecek kios yang lainnya demi terjaga nya kualitas pupuk subsidi kepada petani.

Baca juga: Satgasus Tipikor Polri catat dua temuan awasi pupuk dan minyak goreng

"Satgasus Mabes Polri berharap bahwa KP3 di kabupaten/Kota/provinsi di tempat lain juga melakukan hal yang sama yaitu mengecek ketersediaan pupuk, peredaran pupuk hingga uji kualitas pupuk subsidi sehingga pupuk subsidi sesuai yang dibutuhkan petani dan tepat sasaran," ucap mantan Ketua Wadah Pegawai KPK itu.

Yudi menambahkan, kegiatan pemantauan yang dilakukan Satgasus Pencegahan Korupsi Mabes Polri merupakan penugasan langsung dari Kapolri yang menginginkan agar pupuk subsidi tepat sasaran untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Kegiatan ini secara bersamaan juga dilakukan secara paralel di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Kediri, Jawa Timur," ujarnya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022