Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan pasokan beras nasional yang dikuasai pemerintah berada dalam jumlah yang aman dan surplus neraca transaksi berjalan jadi pemberitaan sektor ekonomi kemarin. Simak informasi selengkapnya.
 

Bulog jamin stok beras cukup dengan harga terjangkau

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan pasokan beras nasional yang dikuasai pemerintah berada dalam jumlah yang aman untuk enam bulan ke depan dan dapat segera digelontorkan kapan saja melalui operasi pasar setiap hari sebagai upaya mempertahankan stabilitas harga pangan.

“Masyarakat jangan khawatir, Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau, walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga. Kami melakukan pemantauan secara terus menerus di tengah situasi saat ini agar tetap terkendali,” kata Budi Waseso dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

 

NFA minta Perpadi dukung peningkatan cadangan beras pemerintah

Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) meminta Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyerap komoditas tersebut, guna meningkatkan stok cadangan beras pemerintah (CBP).

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat mengatakan, kontribusi pengusaha penggilingan dalam meningkatkan CBP sangat penting, mengingat berdasarkan data, kelompok tersebut diperkirakan memiliki stok beras nasional sebesar 1,4 juta ton atau 22,1 persen dari stok beras nasional.

 

Kemenperin inisiasi pembentukan pusat bahan baku untuk IKM

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menginisiasi pembentukan material center sebagai pusat untuk pengadaan bahan baku bagi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Majalengka dan sekitarnya yakni Karawang, Cikarang, Bekasi.

"Pada 2018, Ditjen IKMA bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal juga telah mengoperasikan material center yang bertempat di LIK (Lingkungan Industri Kecil) Takaru Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, untuk penyediaan bahan baku logam untuk IKM komponen otomotif," kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

Luhut ungkap RI siap kerja sama dengan Afrika optimalkan SDA

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama bersama sejumlah negara Afrika untuk mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki agar bisa memajukan dan membangun ekonomi masing-masing.

Luhut menyampaikan hal tersebut dalam Special Ministerial-CEOs Meeting: Emerging Economies Cooperation di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11), yang dihadiri menteri dan delegasi dari tiga negara Afrika yaitu Republik Demokratik Kongo, Republik Rwanda, dan Republik Senegal, serta delegasi dari Badan Pembangunan Uni Afrika AUDA-NEPAD.
 

BI: Neraca transaksi berjalan triwulan III surplus 4,4 miliar dolar AS

Bank Indonesia (BI) melaporkan neraca transaksi berjalan Indonesia pada triwulan III 2022 mencatat surplus sebesar 4,4 miliar dolar AS atau 1,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), lebih tinggi dari capaian triwulan sebelumnya sebesar 4 miliar dolar AS atau 1,2 persen PDB.

Perbaikan kinerja transaksi berjalan bersumber dari peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas seiring dengan tetap kuatnya permintaan ekspor dari negara mitra dagang dan harga komoditas global yang masih tinggi, serta berkurangnya defisit neraca perdagangan migas sejalan dengan penurunan harga minyak dunia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022