Sumbawa (ANTARA) - Polres Sumbawa di Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan paket sembako kepada warga yang rumahnya rusak di terjang angin puting beliung di Desa Labuan Kuris, Kecamatan Lape, Jumat (18/11/2022).

Kepala Polres Sumbawa, AKBP Henry Novika Chandra, dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Sabtu, mengatakan, penyerahan bantuan sembako kepada warga yang terdampak bencana alam ini sebagai bentuk kepedulian sesama, sekaligus untuk meringankan beban warga yang terkena musibah.

Baca juga: Sejumlah rumah di Lombok Tengah disapu puting beliung

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat membantu warga yang rumahnya rusak akibat bencana alam ini," katanya.

Dalam peristiwa bencana alam angin puting beliung di wilayah Desa Labuan Kuris itu memang tidak ada korban jiwa. Namun, atap sejumlah rumah warga rusak diterjang angin puting beliung saat terjadi hujan lebat.

Baca juga: Angin puting beliung melanda Pamekasan

"Tidak ada korban yang dalam peristiwa bencana alam tersebut," katanya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada mengingat cuaca yang tidak menentu pada musim hujan di akhir tahun ini.

"Tetap waspada saat terjadi hujan dan angin kencang yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang," katanya.

Baca juga: BPBD: Lima rumah di Aceh Timur rusak diterjang puting beliung

Untuk diketahui, akibatnya cuaca ekstrem yang terjadi pada pertengahan November 2022 ini juga mengakibatkan belasan rumah warga di Kabupaten Lombok Tengah rusak parah disapu angin puting beliung.

Selain itu, dampak cuaca ekstrem yang terjadi mengakibatkan tiga jembatan di wilayah Kabupaten Lombok Timur putus diterjang air hujan, setelah salah satu tanggul Bendungan di Desa Tete Batu jebol. Namun, sampai saat ini tidak ada korban jiwa akibat cuaca ekstrem maupun angin puting beliung itu. 

Baca juga: Pemkab Cianjur bantu perbaiki rumah warga rusak akibat puting beliung

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022