Kampanye Keselamatan Pelayaran yang diadakan ini untuk mengingatkan kembali pentingnya memperhatikan aspek keselamatan pelayaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan bersama dengan KSOP Kelas III Kupang membagikan jaket pelampung dan pas kecil saat kampanye keselamatan pelayaran di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Kampanye Keselamatan Pelayaran yang diadakan ini untuk mengingatkan kembali pentingnya memperhatikan aspek keselamatan pelayaran," kata Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Kementerian Perhubungan, Ahmad Wahid dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Dikatakan, sasaran kampanye keselamatan pelayaran ini adalah seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Hubla di Provinsi NTT, Dinas Perhubungan, pemilik dan operator kapal, baik kapal penumpang, kapal barang maupun kapal tradisional.

Dalam kampanye ini peserta yang hadir 200 orang diberikan beberapa materi kelaiklautan kapal seperti aspek keselamatan kapal, pengawakan kapal, pencegahan pencemaran dan manajemen keselamatan kapal, kesyahbandaran, persyaratan pelataran keselamatan kapal dan Klasifikasi kapal.

Kasubdit Keselamatan Kapal Ditjen Hubla, Wahyu Ardhiyanto menyebutkan dalam kampanye keselamatan tersebut dibagikan secara gratis 300 jaket pelampung yang telah disertifikasi oleh Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran.

"Jaket pelampung dibagikan kepada para operator kapal tradisional. Selain itu juga dibagikan Pas Kecil yang merupakan dokumen kepemilikan kapal di bawah GT 7," ujarnya.

Kegiatan kampanye keselamatan pelayaran ini juga didukung oleh instansi dan pemangku kepentingan terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Dinas Perhubungan Kota Kupang, Basarnas Kupang, Jasa Raharja Kupang, Pelindo Kupang, Bakamla, Polair, Bea Cukai, Imigrasi dan TNI AL.

"Diharapkan dengan kampanye keselamata pelayaran ini, tingkat kesadaran tentang pentingnya mengutamakan keselamatan dalam menggunakan moda transportasi laut semakin meningkat, sehingga kecelakaan kapal dapat dihindari," katanya.

Baca juga: Kemenhub gelar kampanye keselamatan penerbangan

Baca juga: Astra serukan kampanye keselamatan di tol pada libur akhir tahun

Baca juga: Kemenhub luncurkan kampanye kolaboratif "Yuk Selamat Bersama"

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022