Jakarta (ANTARA) - Guncangan gempa bermagnitudo 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat juga terasa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Senin siang.

Pantauan Antara, para pegawai maupun tamu tampak berhamburan ke luar Gedung KPK. Mereka berkumpul di halaman depan gedung tersebut.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango juga terlihat keluar dari Gedung KPK setelah gempa tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi gempa susulan.

"Sebaiknya untuk sementara kita mencegah, kita paling tidak menjaga hal hal yang tidak diinginkan mungkin ada susulan atau sebaiknya untuk mencari tempat yang aman," ucap Nawawi.

Ia juga mengaku menuruni tangga dari ruang kerjanya di lantai 15 Gedung KPK saat evakuasi gempa.

"Sampai kondisinya memastikan bahwa tidak ada susulan. Meredakan sedikit capeknya, 15 tangga lumayan," ucap Nawawi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur pada Senin pukul 13.21 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022