Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya meminta pendaftar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) aktif memantau email atau surat elektronik dan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

Anggota KPU Kota Surabaya Subairi di Surabaya, Kamis, mengatakan, hal itu penting disampaikan agar pendaftar PPK bisa mengetahui secara langsung dan cepat terkait kelengkapan syarat administrasi.

"Sekali lagi saya sampaikan penting untuk selalu memantau perkembangan. Seperti saat ini yang memasuki penelitian administrasi, terus pantau email dan SIAKBA," kata Subairi yang juga koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Surabaya.

Adapun untuk jadwal tahapan penelitian administrasi calon anggota PPK Pemilu 2024, akan berlangsung selama 10 hari terhitung sejak Senin (21/11) lalu hingga Kamis (1/11).

Saat tahapan tersebut, lanjut dia, para pendaftar akan mengetahui secara langsung melalui email masing-masing, terkait syarat yang sudah lengkap atau yang perlu diperbaiki.

Subairi menyatakan, tahapan pengumuman dan pendaftaran PPK Pemilu 2024 sudah berjalan. Untuk pendaftaran sudah dibuka sejak Minggu (20/11) lalu dan akan ditutup sesuai jadwal tahapan yakni Rabu (29/11).

Dia menyampaikan, dengan sering dipantau alamat email pendaftar dan akun SIAKBA. Minimal bisa mengetahui hasil penelitian administrasi para pendaftar. Semisal memang ada berkas yang kurang lengkap, harus segera dilakukan penyempurnaan. Begitu juga kalau sudah berkas dinyatakan lengkap, agar bisa mengikuti petunjuk selanjutnya.

Sementara itu, para calon anggota PPK Pemilu 2024 yang datang ke help desk KPU Surabaya selama tahapan pendaftaran, cukup banyak. Selain menanyakan perihal syarat-syarat pendaftaran, para pendaftar yang mengalami kendala dalam mendaftarkan secara daring, yang datang ke helpdesk, langsung mendapat bantuan dan panduan dari petugas yang ada di help desk.

Salah satu warga yang datang ke kantor help desk KPU Kota Surabaya Khusnul Khotimah mengaku cukup terbantu. Sebab, informasi yang diperoleh bisa langsung dan terukur. Demikian juga dengan fasilitas penunjang pendaftaran PPK yang ada juga lengkap mulai dari komputer dengan provider jaringan tinggi, juga sarana lain seperti mesin printer dan scan juga disediakan.

"Petugas yang ada juga faham komputer dan internet, sehingga sangat membantu saya saat mendaftar PPK melalui SIAKBA," kata dia.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022