Jakarta (ANTARA) -
Polri menggunakan helikopter menyalurkan bantuan gempa Cianjur di Jawa Barat untuk masyarakat terisolir yang belum terjangkau bantuan karena akses lokasinya sulit dicapai menggunakan jalur darat.
 
Kepala Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan, bantuan logistik disalurkan ke Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, yang terdampak cukup parah.

Baca juga: Pemkot jamin RS di Bandung tak menolak korban gempa Cianjur
 
"Hari ini Polri kembali memberikan bantuan ke desa yang terisolir, belum dapat diakses karena jalan terputus. Pemberian bantuan hari ini pun cukup sulit untuk mendaratkan helikopter di sana," kata dia.

Baca juga: Polda Metro Jaya berangkatkan relawan untuk bantu korban gempa Cianjur
 
Ia menyebutkan, bantuan yang disalurkan berupa 40 dus mie instan, 10 dus air mineral, 11 pak terpal, 200 pak biskuit dan 50 dus selimut. "Polri bersama pemangku kepentingan lain akan terus berupaya memenuhi kebutuhan seluruh pengungsi, terutama di tempat-tempat terisolir," kata dia.

Baca juga: Tim dokter ortopedi tangani kasus trauma penyintas gema Cianjur
 
Selain memberikan bantuan, kata dia, tim SAR Polri juga melakukan pemantauan daerah-daerah terisolir yang berada di dataran tinggi melalui jalur udara. “Tim gabungan juga akan terus berusaha menjangkau lokasi-lokasi terisolir agar dapat mengevakuasi para korban," ujarnya.

Baca juga: Prabowo tinjau korban gempa bumi di Cianjur
 
Mabes Polri mengirimkan perwira tinggi memantau langsung penyaluran bantuan di daerah terisolir. Pemantauan dilakukan oleh Karomultimedia Divhumas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Gatot Repli Handoko, dan Karodalops Sops Polri, Brigadir Jenderal Polisi Endi Sutendi.

Baca juga: Wakasad: TMMD 2023 bisa diarahkan perbaiki infrastruktur di Cianjur

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022