Menguasai literasi dan menghormati arsip-arsip yang ada merupakan bentuk penghargaan serta pembelajaran terhadap masa lalu
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Festival Literasi dan Arsip Babel 2022, guna meningkatkan pencerdasan dan sumber daya manusia masyarakat di daerah berjulu "Negeri Serumpun Sebalai" itu.

"Menguasai literasi dan menghormati arsip-arsip yang ada merupakan bentuk penghargaan serta pembelajaran terhadap masa lalu" kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya mengajak masyarakat untuk belajar dari masa lalu dan mengikuti perkembangan terkini.

"Sambil terus mengikuti perkembangan dan apa yang terjadi, jangan sampai kita tertinggal," katanya.

Menurut dia arsip-arsip yang ada saat ini ditampilkan merupakan hasil produk tekonologi pada masa lalu dan harus diupayakan jangan sampai hilang.

"Mari kita upayakan untuk pengkayaan terhadap arsip-arsip yang akan kita perlukan pada masa depan," katanya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Babel Rakhmadi mengatakan pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 26-28 November 2022 dan dibuka untuk publik terutama di dalam bahasan literasi.

Ia menambahkan, terkait literasi di dalamnya terdapat tiga komponen yaitu membaca, menulis dan berhitung (calistung).

Menurut dia, kemampuan literasi ketika tidak dikomunkasikan maka kemampuan atau skill seseorang tidak akan sampai pada tujuannya

"Karena tiga kemampuan ini merupakan kualifikasi yang didapatkan dari kompetensi seseorang, maka harus dikomunikasikan sehingga tujuan literasi akan tersampaikan," demikian Rakhmadi.

Baca juga: Festival TIK bantu warga Babel dalam literasi digital

Baca juga: DKJ siapkan Pameran Arsip dan Koleksi Seni di Taman Ismail Marzuki

Baca juga: BRIN dan ANRI kerja sama penyelamatan arsip ilmiah nasional

Baca juga: Menlu Lavrov buka Pameran Arsip 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Rusia

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022