Tadi kami serahkan Rp130 juta secara sombolis, (bantuan) diserahkan besok kalau sekarang takutnya malah riweuh. ...
Cianjur (ANTARA) -
Kementerian Perdagangan berhasil menghimpun bantuan senilai Rp2,5 miliar dari sejumlah pihak untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
 
"Total sudah kami kumpulkan Rp2,5 miliar ditambah Rp500 juta makanan. Itu dari teman-teman Kementerian Perdagangan," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan seusai meninjau pengungsian warga terdampak gempa di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu.
 
Dalam kunjungan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan secara simbolis memberikan bantuan dana sebesar Rp130 juta kepada 60 kepala keluarga (KK) di Kampung Cikamuning.
 
"Tadi kami serahkan Rp130 juta secara sombolis, (bantuan) diserahkan besok kalau sekarang takutnya malah riweuh. Jadi sudah secara simbolis kami kasih, nanti bisa diserahkan oleh teman-teman di sini kepada masing-masing warga yang membutuhkan," kata dia.

Baca juga: Mendag gagas gelar operasi pasar di Cianjur setelah gempa
 
Menurut dia, saat ini ada sejumlah bantuan yang dibutuhkan oleh pengungsi di antaranya makanan, selimut, hingga pakaian.
 
"Hari-hari ini butuh makanan, selimut dan sudah kami bantu sebagian. Ada beras, kornet, gula, obat-obatan, ada baju dalam, ada pakaian wanita," kata dia.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Cianjur, sekaligus mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada para pengungsi, Minggu.
 
Lokasi pertama yang didatangi oleh Mendag ialah pengungsian di Kampung Cikamuning, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.
 
Setibanya di Kampung Cikamuning, Mendag Zulkifli langsung menyapa warga terdampak gempa dan dia berdialog dengan warga.
 
"Rumah ibu rusak berat ya. Butuh berapa biaya buat perbaikannya," kata Mendag Zulkifli kepada seorang ibu.

Baca juga: Polri kerahkan tim drone sisir lokasi terisolasi di Cianjur
 
Mendag menyarankan agar warga tersebut melaporkan kerusakan rumahnya kepada RT/RW setempat.
 
Mendag juga sempat berdialog dengan warga yang mengungsi di tenda pengungsian di Kampung Cikamuning yang didirikan di lapangan terbuka.
 
Sebelum meninjau lokasi gempa, Mendag Zulkifli Hasan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pegawai Dinas Perdagangan Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana di Hotel Gino Feruci Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.
 
Setelah itu, Mendag berkunjung ke Pendopo Kantor Bupati Cianjur.
 
Selain di Kampung Cikamuning, Mendag juga mengunjungi dua lokasi lainnya yakni pengungsian warga di Kampung Rawacina dan Kampung Cikarenyom, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022